Komunikasi Persuasif Puskesmas Kecamatan Dawuan Dalam Memberikan Motivasi Kepada Masyarakat Untuk Di Vaksin Booster Di Desa Karanganyar Kabupaten Majalengka

Muhamad Faqih Shahibul Fadilah, (2023) Komunikasi Persuasif Puskesmas Kecamatan Dawuan Dalam Memberikan Motivasi Kepada Masyarakat Untuk Di Vaksin Booster Di Desa Karanganyar Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302065_1_cover.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302065_2_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302065_6_bab5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302065_7_dafpus.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 yang bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh serta memperpanjang masa perlindungan. Vaksinasi booster diselenggarakan oleh pemerintah dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun keatas dengan prioritas kelompok lansia. Penerima vaksin booster berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya. Adapun permasalahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi persuasif dinas Kesehatan daerah dalam memotivasi masyarakat, cara dinas kesehatan dan pemerintah desa karanganyar untuk mengatasi hambatan, bagaimana memanfaatkan faktor-faktor pendukung, dan bagaimana kebermanfaatan komunikasi persuasif dalam menciptakan kepatuhan sosial terhadap pentingnya vaksinasi Booster. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rencana komunikasi persuasif dinas Kesehatan, mendeskripsikan cara dinas Kesehatan dan pemerintah desa Karanganyar untuk mengatasi hambatan, mendeskripsikan rencana komunikasi persuasif pemerintah desa Karanganyar untuk memotivasi masyarakat. Dan mendeskripsikan manfaat vaksin Booster untuk menarik minat masyarakat Desa Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi fenomena, bukan berupa angka-angka atau koefisien tentang hubungan antar-variabel. penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, factual yang akurat mengenai fakta-fakta, menganalisa fenomena, peritiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang di selidik. Adapun hasil dari penelitian ini, bahwa untuk memberikan motivasi dan informasi yang berkaitan dengan hal penting seperti vaksinasi, harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti agar tidak menimbulkan kekeliruan. Komunikasi Persuasif yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan puskesmas Balida untuk memotivasi dan meningkatkan minat masyarakat terhadap vaksinasi Booster adalah dengan melakukan kegiatan safari vaksin COVID-19 yang menghadirkan orang-orang penting dan berpengaruh seperti Bupati, Ustadz, dan menyampaikan sosialisasi vaksin kepada masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Memotivasi Masyarakat, Vaksin Booster
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 01:15
Last Modified: 12 May 2023 01:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item