Pola Komunikasi Kelompok Dalam Membangun Interaksi Sosial Anggota Di Komunitas Jakatarub (Studi Kasus Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Jakatarub Bandung)

Dewi Ropiah, (2023) Pola Komunikasi Kelompok Dalam Membangun Interaksi Sosial Anggota Di Komunitas Jakatarub (Studi Kasus Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Jakatarub Bandung). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302113_1_cover.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302113_2_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302113_6_bab5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302113_7_dafpus.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Individu sebagai makhluk sosial saling berinteraksi dan membentuk pola komunikasi dalam menjalin hubungan antar anggotanya di dalam suatu kelompok sosial. Salah satu kelompok sosial adalah komunitas Jakatarub Bandung. Anggota komunitas Jakatarub Bandung melakukan toleransi dan komunikasi membentuk suatu pola atau jaringan komunikasi yang disebut sebagai pola komunikasi. Selain itu, kegiatan komunikasi tidak terlepas dari interaksi sosial yang terjadi dalam serangkaian aktivitas dalam cakupan internal, maupun eksternal. Keanekaragaman pola dan interaksi mengandung berbagai hambatan kelompok dalam mencapai tujuan kelompok. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui: (1) Bagaimana pola komunikasi antara anggota dalam melakukan interaksi sosial di komunitas Jakatarub Bandung?. (2) Bagaimana interaksi sosial yang terbangun antara anggota komunitas Jakatarub Bandung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola komunikasi antara anggota dalam melakukan interaksi sosial, serta untuk mengidentifikasi cara interaksi sosial yang terbangun antara anggota komunitas Jakatarub Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah penjodohan pola. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pola komunikasi antara anggota dalam melakukan interaksi sosial di komunitas Jakatarub Bandung yang terbentuk adalah bentuk pola komunikasi primer, dan sekunder. Selain itu, pola komunikasi kelompok juga berkaitan dengan arus informasi dan jaringan yang berjenis pola komunikasi rantai, dan roda. (2) Adapun interaksi sosial yang terbangun melibatkan proses dari kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial yang dilakukan dari anggota kepada anggota, anggota kepada koordinator dan atau presidium komunitas dan dari anggota kepada komunitas atau organisasi lain diluar komunitas Jakatarub Bandung. Selain itu, komunikasi yang terjadi pun terkadang mengalami hambatan komunikasi, diantaranya gangguan semantik, dan perbedaan budaya. Interaksi sosial yang terbentuk tersebut berupa interaksi asosiatif yang terdiri dari bentuk kerjasama dan coalition.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Jakatarub Bandung, Komunikasi Kelompok, Pola Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 01:27
Last Modified: 12 May 2023 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item