Pola Komunikasi Interpersonal Antara Suami Istri Dalam Mempertahankan Hubungan Pernikahan Jarak Jauh (Studi Kasus di Desa Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon)

Wulan Nur Alifah, (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Antara Suami Istri Dalam Mempertahankan Hubungan Pernikahan Jarak Jauh (Studi Kasus di Desa Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302039_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302039_2_bab1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302039_6_bab5.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302039_7_dafpus.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Kemajuan zaman, tidak menutup kemungkinan beberapa pasangan suami istri menjalani hubungan jarak jauh dan tempat tinggal yang harus terpisah juga. Hal tersebut disebabkan karena beberapa penyebab atau faktor meliputi faktor ekonomi, sosial, pendidikan ataupun karier yang mengharuskan mereka sebagai sepasang suami istri menjalani hubungan jarak jauh seperti yang dialami oleh pasangan-pasangan suami istri di Desa Panguragan, Kec. Panguragan, Kab. Cirebon. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka pertanyaan yang diajukan peneliti yaitu, (1) Bagaimana kondisi komunikasi jarak jauh dalam pernikahan jarak jauh pasangan di Desa Panguragan Kec. Panguragan Kab. Cirebon (2) Bagaimana pasangan-pasangan tersebut memanfaatkan faktor-faktor pendukung dan penghambat komunikasi jarak jauh (3) Bagaimana Pola Komunikasi Interpersonal jarak jauh antara suami istri dalam mempertahankan hubungan pernikahan jarak jauh di Desa Panguragan Kec. Panguragan Kab. Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi komunikasi jarak jauh dalam pernikahan jarak jauh pasangan di Desa Panguragan Kec. Panguragan Kab. Cirebon (2) Untuk mengetahui bagaimana pasangan-pasangan tersebut memanfaatkan faktor-faktor pendukung dan penghambat komunikasi jarak jauh (3) Untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal jarak jauh antara suami istri dalam mempertahankan hubungan pernikahan jarak jauh di Desa Panguragan Kec.Panguragan Kab.Cirebon. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi komunikasi jarak jauh dalam pernikahan jarak jauh , dapat dipahami bahwa alasan pasangan suami istri ini melakukan hubungan jarak jauh karena faktor pekerjaan atau memperbaiki ekonomi keluarga (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi suami istri jarak jauh yaitu media, kemudian faktor anak yang menjadi penguat hubungan pernikahan jarak jauh dan faktor teknik atau mekanis yang menjadi penghambat dalam proses komunikasi (3) Pola komunikasi interpersonal jarak jauh suami istri menggunakan dua pola komunikasi interpersonal, yaitu pola keseimbangan dan pola komunikasi pemisah tidak seimbang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, suami istri, pernikahan jarak jauh
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 07:46
Last Modified: 12 May 2023 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item