Dampak Perkembangan Strategi Dakwah Pondok Pesantren Sajul Ma'la Jatiluhur Terhadap Peningkatan Keagamaan Masyarakat Dusun Karanganyar Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis

Ainun Mubarok, (2023) Dampak Perkembangan Strategi Dakwah Pondok Pesantren Sajul Ma'la Jatiluhur Terhadap Peningkatan Keagamaan Masyarakat Dusun Karanganyar Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1608302012_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302012_2_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302012_6_bab5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302012_7_dafpus.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan dan dakwah memiliki peranan strategis dalam masyarakat karena berhubungan langsung dengan masyarakat, namun dakwah yang dilakukan oleh pondok pesantren tidak selamanya berjalan mulus, diperlukan strategi dan inovasi yang relevan dengan kebutuhan masayarakat dan perkembangan zaman. Dari permasalahan diatas maka rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana perkembangan strategi dakwah yang dilakukan Pondok Pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur, 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan strategi dakwah Pondok Pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur, 3) bagaimana dampak strategi dakwah Pondok Pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur terhadap peningkatan keagamaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan strategi dakwah yang dilakukan Pondok Pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan strategi dakwah Pondok Pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur, mengetahui dampak strategi dakwah Pondok Pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur terhadap peningkatan keagamaan masyarakat. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis data dari Cresweel. Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut 1) Strategi dakwah yang dilakukan pondok pesantren Sajul Ma’la Jatiluhur terbagi dalam dua fase, fase pertama fokus pada pembinaan akidah melauli dakwah bil lisan dan bil hal. Fase kedua fokus pada syariat-syariat islam, pemberdayaan masyarakat dan ukhuwah islamiyah, dakwah dilakukan melalui majelis ta’lim, kajian tahfid dan tahsin, pengadaan SMP IT, serta pembukuan materi. 2) Faktor pendukung, a) masyarakat yang kompak dan mendukung pesantren, b) adanya rasa saling memiliki terrhadap pondok pesantren, c) motivasi masyarkat untuk memperbaiki diri, 3) Faktor penghambat, b) Kurang komunikasi dengan masyarakat secara personal c) kondisi ekonomi masyarakat, d) SDM sekolah yang masih kurang e) kurangnya sumber dana. 4) dampaknya bagi masyarakat dirasakan secara kognitif, afektif dan behavioral.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Strategi Dakwah, Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 08:11
Last Modified: 12 May 2023 08:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item