Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Makna Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu "Nyalakan Tanda Bahaya" Karya Iksan Skuter

Moh. Minanur Rohman, (2023) Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Makna Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu "Nyalakan Tanda Bahaya" Karya Iksan Skuter. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1708302032_1_cover.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302032_2_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302032_6_bab5.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302032_7_dafpus.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Lagu-lagu kritis dapat menjadi media untuk menyuarakan keadaan sosial masyarakat atau sebagai media komunikasi, seperti yang disebutkan oleh Sayling Wen dalam bukunya yang berjudul Future of the Media bahwa salah satu media dalam komunikasi yaitu musik atau lagu. Dengan adanya lagu-lagu kritik sosial dapat menjadi media untuk menyampaikan keadaan sosial melalui lirik lagu tersebut, terutama bagi mereka yang mendengarkannya, baik itu orang kaya atau miskin, pejabat ataupun rakyat. Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah penelitian, maka pertanyaan penelitian yang dihasilkan dari penelitian ini ialah bagaimana makna denotasi dan makna konotasi yang dapat diungkap dalam lirik lagu “Nyalakan Tanda Bahaya” karya Iksan Skuter. Selain itu dicari juga bagaimana mitos yang dapat diungkap dari dalam lirik lagu “Nyalakan Tanda Bahaya” karya Iksan Skuter. Dalam penelitian ini meneliti dan menganalisis semiotika Roland Barthes terhadap makna lirik lagu “Nyalakan Tanda Bahaya” karya Iksan Skuter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, serta mitos dalam lirik lagu “Nyalakan Tanda Bahaya” karya Iksan Skuter dengan menggunakan analisis dari Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah hermeneutika dan studi dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan pemaknaan tanda dua tahap dari teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan makna yang didapat dari lirik lagu “Nyalakan Tanda Bahaya” dengan menggunakan analisis semiotika dari Roland Bathes yaitu makna denotasi dan makna konotasi, selain makna denotasi dan makna konotasi, hasil dari penelitian ini juga terdapat mitos yang mana itu merupakan bagian dari analisis dari Roland Barthes. Dan pada hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat kesesuaian makna kritik sosial dalam lirik lagu “Nyalakan Tanda Bahaya” baik secara denotasi, konotasi, dan mitos.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Roland Barthes, Nyalakan Tanda Bahaya, Iksan Skuter
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 May 2023 07:17
Last Modified: 15 May 2023 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item