Persepsi Khalayak Tentang Product Placement Dalam Drama Korea

Salma Shalsabilla, (2023) Persepsi Khalayak Tentang Product Placement Dalam Drama Korea. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302044_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302044_2_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302044_6_bab5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302044_7_dafpus.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Periklanan adalah salah satu bentuk komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran, agar fungsi pemasaran berjalan dengan baik maka iklan harus bisa membuat khalayak tertarik melalui strategi pemasaran yang tepat. Product placement merupakan strategi periklanan yang cukup efektif di era ini karena strategi tersebut membuat seolah-olah produk yang di iklan kan menjadi bagian dari suatu tayangan. Drama Korea dapat menjadi media yang tepat untuk menempatkan Product placement seperti yang dilakukan produk asal indonesia yaitu Kopiko yang menempatkan produk nya ke dalam drama Korea terpopuler yaitu Hometown Cha Cha Cha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi khalayak terhadap konsep Product Placement permen Kopiko dalam penayangan drama Korea Hometown Cha Cha Cha dilihat berdasarkan A Three Dimensional Framework of Product Placement? (2) Apa saja Faktor yang dapat mempengaruhi persepsi khalayak sehingga terdapat perbedaan saat melihat Product Placement permen Kopiko pada penayangan drama Korea Hometown Cha Cha? (3) Bagaimana strategi penempatan produk permen Kopiko dalam penayangan drama Korea Hometown Cha Cha Cha? Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui Bagaimana Persepsi khalayak terhadap konsep product placement permen Kopiko dalam penayangan drama Korea Hometown Cha Cha Cha serta faktor apa yang mempengaruhi persepsi dan strategi product placement apa yang digunakan permen Kopiko dalam drama Korea Hometown Cha Cha Cha. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif studi kasus stake. Hasil penelitian yang di dapatkan yaitu narasumber memberikan persepsi positif untuk penempatan product placement permen kopiko dalam drama Korea Hometown Cha Cha dari segi visual dan mereka menyadari kehadirannya, secara audio narasumber memberikan persepsi negatif dikarenakan tidak terdengar penyebutan merek permen kopiko dan secara alur narasumber memberikan persepsi positif bahwa penempatan produk permen kopiko tidak menganggu alur drama Korea Hometown Cha Cha Cha. terdapat 2 faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu faktor internal di pengaruhi pengalaman dan ingatan serta faktor eksternal di pengaruhi intensitas dan kekuatan stimulus dan strategi product placement yang digunakan nya adalah Integrated Explicit Brand Placement dengan jenis iklan reminder advertising.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Drama Korea, Komunikasi, Persepsi, Product Placement
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 00:40
Last Modified: 16 May 2023 00:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item