Pesan Dakwah Tentang Bangkit Dari Putus Asa Dalam Buku "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah" Karya Alfialghazi (Analisis Wacana Teun Van Dijk)

Ade Syipa Paujiah, (2023) Pesan Dakwah Tentang Bangkit Dari Putus Asa Dalam Buku "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah" Karya Alfialghazi (Analisis Wacana Teun Van Dijk). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302059_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302059_2_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302059_6_bab5.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302059_7_dafpus.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Zaman sekarang remaja mudah putus asa dengan membandingkan kebahagiaan satu dengan yang lainnya. Remaja berada difase quarter life krisis seperti khawatir berlebihan terhadap masa depan. Buku “Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah” karya Alfialghazi dapat dijadikan bahan motivasi untuk orang-orang yang sedang terluka berada di fase kebimbangan, putus asa dan sebagai muhasabah diri. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui: 1) bagaimana pesan dakwah dikaji struktur makro (tematik)?, 2) bagaimana pesan dakwah dikaji superstruktur (skematik)?, 3) bagaimana pesan dakwah dikaji struktur mikro (semantik)?, dalam buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Karya Alfialghazi Tujuan penelitian ialah: 1) mengetahui pesan dakwah melalui struktur makro, 2) mengetahui pesan dakwah melalui superstruktur, 3) mengetahui pesan dakwah melalui struktur mikro, dalam buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Karya Alfialghazi. Selain itu, menyakini bahwa keberadaan Allah sangat dibutuhkan dalam upaya berjuang untuk mengarungi proses kehidupan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah metode kualitatif dengan mengkaji dalam bentuk deskripsi berupa kata-kata. Kemudian pendekatan penelitian yang digunakan ialah analisis wacana wacana Van Dijk. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hasil dari observasi terkait tentang pesan dakwah tentang bangkit dari putus asa. Data sekunder merupakan hasil dari dokumentasi terkait tentang pesan dakwah tentang bangkit dari putus asa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah analisis wacana Teun A Van Dijk mengkaji struktur makro (tematik), superstruktur (skematik), struktur mikro meliputi semantik, sintaksis, stilistik dan retoris. Adapun hasil penelitian dari penelitian ini: mengkaji pesan dakwah tentang bangkit dari putus asa dari tujuh sub bab menggunakan analisis wacana Teun Van Dijk ditemukannya pesan dakwah akidah dan pesan dakwah akhlak. 1) Pesan dakwah akidah yakni Iman Kepada Allah, Iman Kepada Kitab-kitab Allah, Iman Kepada Qada Dan Qadar yang memuat Ikhtiar dan Tawakal. 2) Pesan dakwah akhlak yakni Sabar, Bersyukur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah, Analisis Wacana, Buku Maaf Tuhan Aku Hampir Menyerah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 00:44
Last Modified: 16 May 2023 00:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item