Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dalam Membentuk Karakter Siswa Di TK Pelita Desa Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon

Sa'diyah, (2023) Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dalam Membentuk Karakter Siswa Di TK Pelita Desa Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302079_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302079_2_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302079_6_bab5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302079_7_dafpus.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Komunikasi ialah suatu hal yang tidak bisa lepas dari setiap aktivitas manusia terutama dalam kegiatan belajar mengajar, untuk mencapai aspek perkembangan para siswa dibutuhkan pemahaman para siswa mengenai materi pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar, karena proses komunikasi penting dalam suatu pendidikan dimana dalam proses tersebut pengajar sebagai komunikator dan pelajar sebagai komunikan dimana komunikasi yang berlangsung memilki tujuan yang khusus Berdasarkan latar masalah yang dipaparkan, maka pertanyaan yang diajukan oleh peneliti yaitu : (1) Bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan guru dalam membentuk karakter siswa saat kegiatan belajar mengajar di TK Pelita (2) Bagaimana karakter siswa TK Pelita (3) Bagaimana hambatan yang dihadapi guru TK Pelita saat melakukan komunikasi interpersonal kepada para siswanya Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan guru TK Pelita dalam membangun karakter siswa saat kegiatan belajar mengajar (2) Untuk mengetahui bagaimana karakter siswa TK Pelita (3) Untuk mengetahui bagaiman hambatan yang dihadapi guru TK Pelita saat melakukan komunikasi interpersonal pada para muridnya Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah jenis peneltian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknis analisis data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di sekolah TK Pelita Desa Panguragan Kulon Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komunikasi interpersonal yang dilakukan guru TK Pelita ialah menggunakan teori interaksi simbolik, dimana interaksi yang terjalin kepada para siswa baik itu verbal ataupun non verbal menjadikan pesan atau makna untuk mempengaruhi perilaku para siswa (2) Dalam pembentukan karakter kepada para siswa, guru TK Pelita menggunakan metode CCBA yaitu metode cerita, contoh, kebiasaan dan apresiasi, dimana metode tersebut diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran, dan karakter yang sudah ditananmakan oleh sebagian siswa ialah karakter mandiri, sabar, komunikatif, kreatif, tanggung jawab, serta dapat berperilaku lebih baik (3) terdapat beberapa hambatan dalam proses komunikasi interpersonal yang terjadi pada guru TK Pelita dengan para siswanya yaitu hambatan pada proses komunikasi, hambatan fisik dan hambatan semantik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, Karakter anak, Hambatan Komunikasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 00:47
Last Modified: 16 May 2023 00:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item