Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa Munjul Dalam Upaya Memberdayakan Pemuda Di Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon

Mohamad Alimudin, (2023) Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa Munjul Dalam Upaya Memberdayakan Pemuda Di Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302124_1_cover.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302124_2_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302124_6_bab5.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302124_7_dafpus.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Desa Munjul merupakan desa yang berada di Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, dalam melakukan pemberdayan pemuda perlu adanya komunikasi organisasi dipemerintah desa dengan baik, komunikasi yang dilakukan pemerintah desa yaitu antara kepala desa dengan pengurus atau perangkat desa, dan kepala desa menerima ide, gagasan dari pengurus atau perangkat desa setempat. Pada penelitian ini membahas mengenai (1) Bagaimana arus komunikasi organisasi pemerintah Desa Munjul dalam upaya memberdayakan pemuda. (2) Bagaimana Pemerintah Desa Munjul memanfaatkan factor – factor pendukung komunikasi organisasi. (3) Bagaimana Pemerintah Desa Munjul menanggulangi factor – factor penghambat komunikasi organisasi. (4) Bagaimana hasil komunikasi organisasi pemerintah Desa Munjul dalam upaya memberdayakan pemuda. Tujuan dari penilitian ini ialah: (1) Mengetahui komunikasi organisasi pemerintah Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. (2) Mengetahui dan memahami factor pendukung komunikasi organisasi pemerintah Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. (3) Mengetahui dan memahami factor penghambat komunikasi organisasi pemerintah Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. (4) Mengetahui hasil komunikasi organisasi pemerintah Desa Munjul dalam upaya memberdayakan pemuda. Dalam menjawab persoalan, maka peneliti menggunakan metode kualitaif, pendekatan menggunakan studi kasus dan sumber data primer dan data skunder. Adapun Teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Serta menggunakan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian. (1) kepala desa berkomunikasi dengan perangkat desa dengan perintah dan intruksi, perangkat desa memberikan saran, ide, gagasan terhadap kepala desa, Berkomunikasi dengan sesama perangkat desa secara kekeluargaan, dan perangkat desa berkomunikasi dengan Lembaga-lembaga yang ada didesa secara diskusi. (2) Faktor pendukung yaitu adanya Sarana Prasaran desa. (3) Faktor penghambat yaitu kurangnya SDM, dan Dana. (4) Hasil pemberdayaan adalah adanya pelatihan TIK, Pelatihan Bengkel, dan terbentuknya Petani Millenial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Pemberdayaan, Pemuda
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 00:54
Last Modified: 16 May 2023 00:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item