Pengelolaan Wisata Berbasis Masyarakat Pada Objek Wisata Taman Limo di Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi

Annisa Fitriani, (2023) Pengelolaan Wisata Berbasis Masyarakat Pada Objek Wisata Taman Limo di Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305053_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305053_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305053_6_bab5.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305053_7_dafpus.pdf

Download (990kB) | Preview

Abstract

Objek wisata Taman Limo merupakan salah satu potensi wisata yang berada di Desa Jatiwangi berupa lahan bekas galian industri yang kemudian dijadikan sebagai tempat wisata. Wisata taman limo merupakan hasil dari swadaya masyarakat setempat yang dalam pengelolaannya berbasis masyarakat. Pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) adalah konsep pengelolaan kepariwisataan dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam setiap proses kegiatan yang dilakukan dengan harapan dapat memberikan dampak terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan wisata Taman Limo oleh masyarakat dan bagaimana dampak adanya wisata Taman Limo terhadap kondisi ekonomi masyarakat Desa Jatiwangi. Untuk mengkaji fenomena tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui pengelolaan yang dilakukan masyarakat Desa Jatiwangi dalam mengelola wisata Taman Limo dan (2) untuk mengetahui dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat Desa Jatiwangi dengan adanya objek wisata Taman Limo. Data dari penelitian ini dihasilkan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan wisata Taman Limo dilakukan atas inisiasi Kepala Desa dengan melibatkan masyarakat. Keterlibatan masyarakat Desa Jatiwangi dalam pengelolaan wisata Taman Limo dimulai sejak perencanaan dan pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, serta proses evaluasi. Pengelolaan objek wisata Taman Limo dengan melibatkan partisipasi masyarakat memberikan dampak terhadap ekonomi masyarakat. Dampak yang paling dirasakan dari adanya wisata ini adalah peningkatan pendapatan. Meningkatnya ekonomi masyarakat terjadi karena masyarakat membuka usaha atau kegiatan ekonomi seperti berjualan. Dampak lainnya ialah peluang lapangan pekerjaan yang baru terbuka lebar bagi masyarakat Desa Jatiwangi. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan untuk bekerja di wisata Taman Limo seperti menjadi petugas kebersihan, penjaga keamanan, penjaga parkir, penjaga wahana, dan lain-lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Pengelolaan, Dampak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 06:50
Last Modified: 16 May 2023 06:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item