Program Pendidikan Vokasi Sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Pesantren Nurul Hidayah Al Mubarokah

Eva Siti Awaliah, (2023) Program Pendidikan Vokasi Sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Pesantren Nurul Hidayah Al Mubarokah. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305008_1_cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305008_2_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305008_6_bab5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305008_7_dafpus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hak yang harus didapatkan oleh seluruh manusia termasuk warga Negara Indonesia. Pendidikan yang pada hakikatnya bertujuan untuk mengembalikan manusia sesuai dengan fitrahnya salah satunya yaitu dengan menjadikan manusia berdayaguna agar mampu menjangkau nilai-nilai kemanusiaan dan memberi keberanian untuk menghadapi problematika kehidupan. Selain teori, praktik tentang ilmu yang didapatkan pun menjadi sebuah keharusan agar teori yang didapatkan dapat tertanam dalam ingatan setiap peserta didik. Dengan demikian, pendidikan vokasi menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas setiap peserta didiknya melalui berbagai pelatihan keahlian yang membekali setiap peserta didiknya agar siap untuk menghadapi masa depan, khususnya yang berada pada masyarakat. Pondok pesantren dalam perkembangannya, memiliki peran untuk menjadi salah satu lembaga yang memfasilitasi santri dan santriyah nya dengan berbagai program pendidikan dan salah satunya adalah pendidikan vokasi. Berbagai macam program yang disediakan, menjadi usaha dalam meningkatkan kualitas santri dan santriyah di pondok pesantren salah satunya yaitu di Pesantren Nurul Hidayah Al-Mubarokah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk implementasi program pendidikan vokasi yang berada di Pesantren Nurul Hidayah Al-Mubarokah dan apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat keterlaksanaannya program ini serta apa saja hasil atau pengaruh dari program pendidikan vokasi yang dilaksanakan di Pesantren Nurul Hidayah Al-Mubarokah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang didapatkan selama penelitian, dilakukan analisis data sesuai dengan pendapat Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, akan dihasilkan data tentang bagaimana implementasi program pendidikan vokasi di Pesantren Nurul Hidayah Al-Mubarokah dan juga faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat keterlaksanaannya program ini serta apa saja hasil atau pengaruh dari program pendidikan vokasi ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kualitas, sumber daya manusia, pendidikan vokasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 07:33
Last Modified: 16 May 2023 07:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item