Peran Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Dalam Pengembangan Sumber Daya Remaja Di Masjid Jami' Al-Hidayah Desa Cipinang Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka

Adi Supriyadi, (2023) Peran Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Dalam Pengembangan Sumber Daya Remaja Di Masjid Jami' Al-Hidayah Desa Cipinang Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305061_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305061_2_bab1.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305061_6_bab5.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305061_7_dafpus.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Dewan kemakmuran masjid merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab terhadap kemakmuran masjid. Untuk memakmurkan masjid, ada potensi yang tak boleh diabaikan yakni remaja masjid. Keberedaan remaja masjid sangat penting khususnya yang tinggal di sekitar masjid. Peran DKM masjid dalam pengembangan sumber daya untuk para remaja sangat diperlukan, karena proses pengembangan sumber daya bagi remaja diharapkan mampu menjadi jalan keluar dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran DKM masjid jami’ al-Hidayah Desa Cipinang Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka dalam mengembangkan sumber daya remaja di desa setempat?. 2) Bagaimana hasil dari program yang diselenggarakan oleh DKM masjid jami’ Al-Hidayah Desa Cipinang Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka dalam mengembangkan sumber daya remaja di desa setempat? Metode yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari DKM masjid jami’ al-Hidayah Desa Cipinang dan sumber data sekunder berasal dari literatur dan dokumentasi seperti buku-buku, jurnal dan lainnya. Kemudian dianalisis dengan metode dekriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu DKM al-Hidayah mengadakan beberapa program untuk yang berperan dalam mengembangkan sumberdaya remaja yaitu: a). Membentuk organisasi remaja masjid (RPM). b). Mengadakan pengajian rutinan bulanan khusus bagi remaja. dan c). Mengikutsertakan remaja dalam berbagai kegiatan keagamaan. Dengan program-program tersebut tentu memberikan hasil dan manfaat bagi remaja itu sendiri maupun bagi DKM diantaranya adalah: a). terbentuknya organisasi remaja pecinta masjid yang berkelanjutan. b).Terbentuknya remaja yang berakhlakul karimah. dan c). Terjalinnya sinergi antara DKM dan remaja masjid dalam rangka memakmurkan masjid.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dewan Kemakmuran Masjid, Sumber Daya Remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 07:44
Last Modified: 16 May 2023 07:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item