Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Berkah Sejahtera Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Wangkelang Kabupaten Cirebon

Alfina Ardianti Amanik Saputri, (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Berkah Sejahtera Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Wangkelang Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1908305018_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305018_2_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305018_6_bab5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305018_7_dafpus.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Masyarakat pedesaan memiliki jumlah presentase kemiskinan sebanyak 14,34% presentase tersebut menunjukan bahwa jumlah presentase kemiskinan di desa lebih tinggi dari pada presentase kemiskinan di perkotaan. Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (KNPDT) telah memberdirikan lembaga ekonomi desa yaitu BUMDES yang bertujuan untuk menjadi penggerak ekonomi desa. Kecamatan Lemahabang merupakan salah satu kecamatan yang menjadi prioritas utama pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan memaksimalkan SDM dan SDA melalui BUMDES. Salah satu BUMDES yang masih beroperasi ialah BUMDES Berkah Sejahtera yang berada di Desa Wangkelang dengan unit usaha Pengelolaan Air Bersih (PAB) dengan penghasilan perbulannya sebesar Rp13.000.000,00 . Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran BUMDES dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat BUMDES. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder, dan primer. Teknik penentukan informan dalam penelitian ini ialah menggunakan purposive sampling dengan kriteria yaitu pengurus aktif BUMDES, masyarakat Desa Wangkelang yang menjadi konsumen unit usaha PAB BUMDES, dan masyarakat penerima bantuan sosial . Teknik pengumpulan data dalam peneitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik kualitas data dengan triangulasi sumber. BUMDES telah berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, selain itu BUMDES juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu, dan berperan sebagai sarana masyarakat dalam membutuhkan air.. Faktor pendukung BUMDES Berkah Sejahtera antara lain yaitu kepemimpinan dan manajerial tata kelola BUMDES yang baik, modal dalam unit usaha PAB, skala dan jangkauan, emansipasi lokal, dan tradisi berdesa. Sedangkan faktor penghambatnya ialah keterbatasan modal dalam pengembangan unit usaha baru, dan pembayaran iuran air yang kurang lancar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran BUMDES, Meningkatkan, Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 May 2023 00:48
Last Modified: 17 May 2023 00:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item