Upaya Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Khodijah Al Zahroh Cirebon Dalam Peningkatan Kesejahteraan Anak Asuh

Tri Tunggal Putri Suganda, (2023) Upaya Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Khodijah Al Zahroh Cirebon Dalam Peningkatan Kesejahteraan Anak Asuh. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1908305025_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305025_2_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305025_6_bab5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305025_7_dafpus.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Anak merupakan harta dan aset bangsa yang harus dilindungi guna tercapainya cita-cita bangsa di masa yang akan datang oleh karenanya, dibutuhkan perhatian terhadap anak salah satunya dengan pemenuhan hak-hak anak. Namun kenyataannya, masih banyak hak anak yang tidak terpenuhi hal ini utamanya dikarenakan faktor kemiskinan. Dalam hal ini, pelayanan sosial terhadap anak dalam bentuk LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) diharapkan mampu memenuhi hak-hak anak yang terabaikan. LKSA Siti Khodijah Al Zahroh adalah salah satu organisasi pelayanan sosial berbasis pesantren yang menjadi wadah bagi anak asuh (anak yatim, anak terlantar dan dhuafa) untuk mendapatkan hak-haknya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh LKSA Siti Khodijah Al Zahroh dalam peningkatan kesejahteraan anak asuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pemilihan informan dengan purposive serta menggunakan tiga metode yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan kemudian selanjutnya di triangulasi dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan sejarah pembentukan LKSA Siti Khodijah Al Zahroh pada tahun 2013 oleh Bapak H. Ahmad Satori karena kepatuhan beliau terhadap perintah Allah untuk menyantuni anak yatim. Sejak beliau wafat pada tahun 2016 kepemimpinannya digantikan oleh menantunya yakni Bapak Sani dan mengalami beberapa perkembangan seperti perkembangan pembinaan spiritual dan perkembangan akreditasi. Tahapan pelayanan di LKSA Siti Khodijah Al Zahroh terdiri dari: Rujukan, Asesmen, pengambilan keputusan layanan, pelaksanaan pelayanan serta evaluasi, reunifikasi dan terminasi. Adapun jenis pelayanan yakni: pelayanan pengasramaan, pelayanan permakanan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pelayanan keagamaan serta pelayanan hiburan dan rekreasi. Pelayanan-pelayanan ini cukup memberikan dampak terhadap kesejahteraan anak asuh khususnya kesejahteraan secara spiritual dengan peningkatan kualitas ibadah dan hafalan Al Quran. Faktor pendukung dari pelaksanaan pelayanan ini yaitu: keproaktifan sekolah anak asuh, bantuan pembiayaan pelayanan dari donatur, semangat anak asuh dan kehadiran pengajar. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu: ketidakstabilan kejiwaan anak asuh, lingkungan yang kurang kondusif bagi anak asuh non mukim, tidak adanya keringanan dan mahalnya biaya sekolah, anak tidak memiliki KIP, serta heterogenitas sifat anak asuh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA), pelayanan sosial, kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 May 2023 00:56
Last Modified: 17 May 2023 00:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item