Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek di Desa Walahar Kecamatan Klari Karawang

Alfin Maulana, (2023) Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek di Desa Walahar Kecamatan Klari Karawang. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1908305061_1_cover.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305061_2_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305061_6_bab5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305061_7_dafpus.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Pengangguran menjadi salah satu masalah sosial yang ada di Indonesia, salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran adalah melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu lembaga yang menjalankan pemberdayaan masyarakat adalah perusahaan. Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 BAB V mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Regulasi tersebut menjadikan perusahaan memiliki legalitas dan kewajiban dalam melaksanakan kegitan Tanggung Jawab Sosial. Kegiatan tersebut merupakan sebuah proses dalam meningkatkan kualitas yang memiliki nilai ekonomi individu ataupun kelompok, tujuannya adalah menuju kehidupan sosial yang lebih baik lagi. Kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dilakukan dengan terstruktur dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis program apa yang dilaksanakan di Desa Walahar dan bagaimana strategi PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Walahar, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Purposive, dalam teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik kualitas data melalui Triangulasi dan Perpanjangan Pengamatan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek melalui fungsi Community Development Officer memiliki program yang terbagi ke dalam empat bagian, yaitu Empowerment,Capacity Building, Infrastuktur dan Charity. Strategi yang digunakan dalam melaksanakan program pemberdayaan adalah melalui pembuatan Update Social Mapping sebagai rujukan dalam menentukan sebuah program. Tahun 2023 total yang menjadi kelompok binaan adalah tiga kelompok dan satu yayasan. Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Pertamina di Desa Walahar memiliki dampak yang positif, mulai dari waktu yang lebih efisien, produk yang lebih berkualitas dan peningkatan ekonomi. Ditambah dengan pemasangan Energi Baru Terbarukan, membuat Kawasan Eco Resort dapat lebih mengefisienkan pengeluaran terkait Gas dan Listrik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Tanggungjawab sosial, Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 May 2023 01:11
Last Modified: 17 May 2023 01:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item