Pembacaan Surat-Surat Al-Qur'an Pilihan Dalam Tradisi Tolak Bala Di Sumur Keramat Masjid Jagabayan Cirebon (Studi Living Qur'an)

Merdita Rizqia Nikma Maula, (2023) Pembacaan Surat-Surat Al-Qur'an Pilihan Dalam Tradisi Tolak Bala Di Sumur Keramat Masjid Jagabayan Cirebon (Studi Living Qur'an). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1908304087_1_cover.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908304087_2_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908304087_6_bab5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908304087_7_dafpus.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Tolak bala merupakan prosesi yang dilakukan agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan sebagian ada yang menggunakan sebagai sarana terkabulnya hajat tertentu. Prosesi tolak bala diharapkan dapat melestarikan kegiatan sosial agar terus ada seiring dengan perkembangan zaman. Masing-masing daerah memiliki aturan dan prosesi yang berbeda dalam pelaksanaan tolak bala. Tujuan penelitian ini untuk 1). Untuk mengetahui bagaimana prosesi tradisi tolak bala di sumur keramat Masjid Jagabayan Cirebon 2). Untuk mengetahui resepsi masyarakat terhadap pembacaan surat-surat al-Qur’an pilihan dalam prosesi tolak bala. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Reseacrh). Sumber data yang digunakan adalah sumber data Primer dan Sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tolak bala di sumur keramat Masjid Jagabayan yang dilakukan masyarakat setempat dan pengunjung sebagai upaya menghindari diri dari peristiwa yang tidak baik, seperti sakit yang tak kunjung sembuh, mimpi buruk, usaha yang sedang merosot, dengan tolak bala yang salah satu ritualnya dibacakan al-Qur’an diyakini mampu memberi dampak baik bagi mereka pelaksana tolak bala. Makna pembacaan al-Qur’an dalam tradisi tolak bala dilihat dari sisi keutamaan surat-surat pilihan yang dibacakan salah satunya sebagai penjagaan diri. Adapun surat dalam al-Qur’an yang dibacakan adalah al-Fatihah, al-ikhlas, dan Muawwidzatain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Resepsi, Al-Qur'an, Tolak Bala
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 May 2023 01:29
Last Modified: 19 May 2023 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10390

Actions (login required)

View Item View Item