Tradisi Pembacaan Ratib Al-Haddad Di Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum (Studi Living Qur'an Desa Rajasinga-Terisi Indramayu)

Nanda Nurfauziah, (2023) Tradisi Pembacaan Ratib Al-Haddad Di Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum (Studi Living Qur'an Desa Rajasinga-Terisi Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1808304026_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304026_2_bab1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304026_6_bab5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304026_7_dafpus.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mengungkapkan tentang tradisi pembacaan dzikir ratib al-Haddad di pondok pesantren Miftahul 'Ulum yang rutin di amalkan setiap malam jum'at ba'da sholat maghrib ini berlangsung sejak 2010. Pratik ini berdasarkan bagaimana al-Qur'an hidup di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan pesantren. Ratibal-Haddad juga merupakan dzikir yang di dalamnya mengandung ayat-ayat al-Qur'an, baik dalam bentuk ayat-ayat perlindungan, do'a- do'a, sholawat, tahlil, tahmid, dan istighfar. Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode survei dan wawancara dengan pendekatan kualitatif dengan mengunkgap resepsi eksegesis dan fungsionalnya dari dzikir ratibal-Haddad di pesantren Miftahul 'Ulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui penelitian ini saya mencoba untu mendeskripsian tradisi pembacaan dzikir ratibal-Haddad di pondok pesantren Miftahul 'Ulum Rajasinga Terisi Indramayu, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi para santri. Dengan membaca dzikir ratibal-Haddad secara rutin yang merupakan ayat-ayat al-Qur'an dan sholawat yang lainnya dan tidak lain agar kita senantiasa dekat dengan Allah SWT, serta di mudahkan dalam proses tholabul 'ilmi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Living Qur'an, Ratib al-Haddad
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 May 2023 07:51
Last Modified: 19 May 2023 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10419

Actions (login required)

View Item View Item