Penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Putus Asa Menurut Hamka Di Dalam Kitab Tafsir Al-Azhar Dengan Pendekatan Psikologi

Gina Nur Awaliyah, (2023) Penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Putus Asa Menurut Hamka Di Dalam Kitab Tafsir Al-Azhar Dengan Pendekatan Psikologi. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1808304072_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304072_2_bab1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304072_6_bab5.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304072_7_dafpus.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Ajaran Islam telah mengantarkan pemeluknya untuk mempunyai tingkah laku yang diformulasikan melalui sumber ajarannya yakni al-Qur'an. Namun permasalahannya adalah tak jarang diantara manusia yang ketika dalam keadaan sulit ia menjadi putus harapan. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadinya krisis spiritualitas dan kurangnya pengenalan diri manusia terhadap Tuhan. Yang tentunya hal ini akan berdampak pada peran manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini menjadi tidak proporsional, bahkan menurunkan martabat manusia dihadapan Tuhan. Penelitian ini termasuk ada penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Sementara itu, untuk mengumpulkan data, penulis mencari beberapa penelitian terdahulu yang terkait dengan skripsi ini. Kemudian, penulis membaginya dalam dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah kitab tafsir al-Azhar, dan sumber data sekunder terdiri dari buku-buku, artikel, jurnal dan karya tulis ilmiah lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudhui. Hasil dari penelitian ini, dijumpai ayat-ayat keputusasaan dalam al-Qur'an menurut Hamka dalam tafsir al-Azhar dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori, seperti Putus asa dari rahmat Allah, Putus asa dari keputusan, Putus asa karena dicabutnya suatu nikmat, putus asa karena ditimpa musibah, putus asa terhadap akhirat, dan lainnya. Selain itu penulis juga menganalisis dengan pendekatan psikologi harapan, dimana individu yang mengalami putus asa sebetulnya mempunyai harapan untuk dapat melepaskan diri dari situasi tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Putus asa, Tafsir al-Azhar, Psikologi harapan
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 May 2023 07:54
Last Modified: 19 May 2023 07:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item