Pemahaman Para Santri Terhadap Hadis Keutamaan menghafal Alquran Di Pondok Pesantren Daarul Maarif Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

Sinta Nursolihah, (2023) Pemahaman Para Santri Terhadap Hadis Keutamaan menghafal Alquran Di Pondok Pesantren Daarul Maarif Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 Ilmu Hadis.

[img]
Preview
Text
1908307018_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908307018_2_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908307018_6_bab5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908307018_7_dafpus.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Menghafal bukanlah suatu yang mudah tetapi bukan pula suatu hal yang tidak mungkin dan tidak semua orang bisa menghafalnya, namun hal itu menjadi suatu yang dianjurkan oleh Allah SWT telah memberikan kesempatan bagi umat-Nya untuk menghafalnya. Oleh karena itu, Alquran merupakan kitab suci yang paling banyak dihafal oleh manusia di muka bumi. Mereka yang menghafal Alquran termotivasi dan ingin masuk dalam kelompok “Kami” (Allah, Para hafiz dari kalangan sahabat, tabiin, atba tabiin sampai generasi sekarang). Mereka tentu mempunyai landasan pemahaman yang beragam tentang ayat yang mereka hafalkan. Dengan dasar itulah penelitian bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pemahaman Santri Terhadap Hadis Keutamaan Menghafal Alquran di Pondok Pesantren Daarul Maarif Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, data yang di dapat melalui hasil dari observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan data yang dipakai untuk teori resepsi yang mencakup adanya teks, pembaca dan pemahaman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman para santri terhadap hadis keutamaan menghafal Alquran di Pondok Pesantren Daarul Maarif Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis bahwasannya mayoritas santri memahami makna hadis menghafal Alquran dengan baik, karena hadis itu selalu disampaikan, serta banyak pula keistimewaan yang akan didapatkan oleh para penghafal Alquran di antaranya: membahagiakan kedua orang tua, mendapatkan keberkahan dari Alquran, mengantarkan kedua orang tua ke surga, bahkan bukan hanya itu saja, mereka juga ingin mempersembahkan mahkota di kepala kedua orang tuanya di surga. Inilah kemuliaan yang hakiki, kemuliaan yang dirindukan semua manusia yang mempunyai fitrah dalam dirinya, dan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang hidup bersama dengan Alquran dan bersungguh-sungguh dalam menghafal Alquran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Hadis, Keutamaan Menghafal Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Hadist
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 May 2023 00:49
Last Modified: 22 May 2023 00:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10440

Actions (login required)

View Item View Item