PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI DESA MELALUI BUMDesa (Studi Kasus Di Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka)

Siti Nur Farida, (2022) PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI DESA MELALUI BUMDesa (Studi Kasus Di Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808204058_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204058_2_bab1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204058_6_bab5.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204058_7_dafpus.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Siti Nur Farida. NIM: 1808204058, "PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI DESA MELALUI BUMDesa (Studi Kasus Di Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka)", Skripsi 2022. Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) adalah program pemerintah desa yang harus diberdayakan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kehadiran BUMDesa menciptakan suatu pendekatan baru dalam usaha meningkatkan perekonomian desa berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Penelitian ini dilaksanakan di BUMDesa Kujang Mandiri Desa Leuwikujang Kabupaten Majalengka dengan potensi unggulan pada sektor pertanian dan peternakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan dan pengembangan serta potensi ekonomi desa melalui BUMDesa Kujang Mandiri di Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Pembangunan dan pengelolaan BUMDesa berdasarkan adanya kerjasama antara pengelola BUMDesa, pemerintah desa, dan masyarakat Desa Leuwikujang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan bentuk penyajian seacara deskriptif. penelitian kualitatif dipilih agar lebih berjalan subjektif, penelitian memiliki landasan teori yang sesuai dengan fakta dan penelitian memiliki sifat yang lebih terbuka serta interpretasi dan deskripsi dari informan dapat dikaji secara mendalam. Pengumpulan data menggunakan proses wawancara dengan terjun secara langsung ke lapangan dan dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian, penyimpulan, verifikasi dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDesa Kujang Mandiri memberikan peran dalam meningkatkan potensi ekonomi masyarakat Desa Leuwikujang dalam pengelolaan sektor unggulan pertanian dan peternakan. Hasil penjualan sektor pertanian dan peternakan dari BUMDesa Kujang Mandiri dapat menambah penghasilan masyarakat desa. Kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dengan adanya kehadiran dari BUMDesa Kujang Mandiri. Kekuatan utama BUMDesa Kujang Mandiri adalah sektor pertanian dan peternakan yang menghasilkan produk sendiri. Kelemahan terletak pada kurangnya pengembangan SDM dalam memanfaatkan teknologi digital. Peluang dari BUMDesa ini sudah terjalin kerjasama untuk mitra berbisnis serta pemasaran produk BUMDesa dapat menggunakan peran teknologi digital. Bentuk ancaman pada BUMDesa ini yaitu banyaknya pesaing dengan jenis produk yang sama. Kata Kunci: Pengembangan Potensi Ekonomi, BUMDesa Kujang Mandiri, Masyarakat Desa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 May 2023 02:21
Last Modified: 23 May 2023 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10458

Actions (login required)

View Item View Item