STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Kebonturi Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon)

Bahrul Azmi, (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Kebonturi Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808204027_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204027_2_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204027_6_bab5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204027_7_dafpus.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Bahrul Azmi. NIM 1808204027, “STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Kebonturi Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon)”, 2022. Strategi adalah suatu rencana berupa tindakan yang digunakan oleh sebuah organisasi dalam mewujudkan tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Tak terkecuali pada BUMDes, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa, yang mana dapat menghasilkan suatu kesejahteraan bagi masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dilapangan yaitu dengan para narasumber atau informan yang kompeten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan teknik analisis data sebelum di lapangan, selama dilapangan, reduksi data, penyajian data, conclusion drawing atau verification serta validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian di Desa Kebonturi Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon yaitu BUMDes ini memiliki peran dalam meningkatkan perekonomian di Desa Kebonturi, mengoptimalkan aset desa, menguatkan Usaha Masyarakat Desa Kebonturi yang mana ada beberapa usaha yang sudah berkembang seperti adanya unit usaha sewa kontrakan, usaha gas, usaha penggemukan kambing, usaha rumah kreatif, dan usaha air galon. Strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kebonturi Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon yaitu pembentukan struktur organisasi yang tepat, adanya strategi perencanaan dalam perkembangan BUMDes yang memiliki tujuan yang jelas serta mengadakan pelatihan mengenai BUMDes yang telah sesuai dengan visi, misi tujuan, strategi dan Kebijaknnya. Kata Kunci: Strategi, BUMDes, dan Kesejahteraan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 May 2023 07:50
Last Modified: 23 May 2023 07:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item