Kisah Jose Dan Ana Dalam Novel Dunia Maya Karya Jostein Gaarder (Misteri Duna Dan Cinta): Pemikiran Tasawuf Cinta "Mahabbah" Jalaluddin Rumi (Studi Relevensi dengan Pemikiran Tasawuf Cinta Jalaluddin Rumi)

Afrida Nur Kholida Hasanah, (2023) Kisah Jose Dan Ana Dalam Novel Dunia Maya Karya Jostein Gaarder (Misteri Duna Dan Cinta): Pemikiran Tasawuf Cinta "Mahabbah" Jalaluddin Rumi (Studi Relevensi dengan Pemikiran Tasawuf Cinta Jalaluddin Rumi). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 AFI.

[img]
Preview
Text
1808303015_1_cover.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808303015_2_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808303015_6_bab5.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808303015_7_dafpus.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang karya sastra novel dan fokus pada novel romantis, yang umumnya mengangkat tema cinta. Salah satu karya literasi yang dijadikan contoh dalam penelitian ini adalah Novel Dunia Maya: Misteri Dunia dan Cinta oleh Jostein Gaarder. Konsep mahabbah dalam ajaran Rumi menjadi fokus penting dalam membahas cinta dalam novel. Rumi mengajarkan bahwa cinta ilahi adalah cinta yang berasal dari Tuhan dan dapat dirasakan oleh manusia melalui cinta kepada sesama manusia.Konsep Mahabbah mengajarkan pentingnya cinta dalam mencapai kesadaran spiritual dan kebahagiaan sejati. Dalam pandangan Rumi, cinta sejati adalah kasih yang menghapus ego dan membawa manusia ke kesedaran keberadaan Tuhan. Oleh karena itu, novel romantik dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan gagasan, perasaan, dan menanggapi apa yang ada di sekitarnya dengan mempertahankan elemen keagamaan yang terkait dengan cerita yang dikarangkan. Kesimpulan dan interpretasi yang lebih rinci terkait keterkaitan antara tasawuf mahabbah Jalaluddin Rumi dengan kisah Jose dan Ana dalam novel "Dunia Maya" memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (Library research) dengan menggunakan metode kualitatif, yakni Hermeneutika Gadamer. Pendekatan lainnya penulis menggunakan Tasawuf Jalaluddin Rumi, dengan teori yang dipopulerkannya yaitu Matsnawi, Maknawi, Mahabbah (cinta). Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis diantaranya adalah; Pertama, mengetahui latar belakang latar belakang dari Penulis buku Dunia Maya. Kedua Menganalisis kisah Jose dan Ana dalam Pemikiran Tasawuf “Mahabbah” cinta Jalaluddin Rumi. Ketiga konsep Tasawuf “Mahabbah” Cinta Jalaluddin Rumi dengan kisah cinta Jose dan Ana. Keempat, konsep Tasawuf “Mahabbah” Cinta Jalaluddin Rumi dengan kisah cinta Jose dan Ana.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Novel, Rumi, Tasawuf, Mahabbah, Konsep Cinta, Spiritualitas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 May 2023 08:09
Last Modified: 23 May 2023 08:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10513

Actions (login required)

View Item View Item