Studi Komparasi Minat Beli Mahasiswa Pada Jual Beli Online Dan Jual Beli Langsung Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Syekh Nurjati Cirebon

Rindi Astuti, (2023) Studi Komparasi Minat Beli Mahasiswa Pada Jual Beli Online Dan Jual Beli Langsung Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204035_1_cover.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204035_2_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204035_6_bab5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204035_7_dafpus.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Rindi Astuti, NIM: 1908204035, “Studi Komparasi Minat Beli Mahasiswa Pada Jual Beli Online Dan Jual Beli Langsung Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Syekh Nurjati Cirebon”. Skripsi 2023. Indonesia saat ini berada dalam masa peralihan dari ekonomi tradisional menuju ekonomi digital. Era dimana ekonomi tradisional adalah era dimana sebelum teknologi informasi berkembang dengan pesat seperti sekarang. Perkembangan ekonomi digital di tanah air terus berlanjut, bahkan Indonesia dinilai memiliki potensi yang tinggi karena penetrasi pengguna internet yang terus tumbuh. Kesadaran masyatakat dalam memanfaatkan internet sebagai salahsatu media pemenuhan kebutuhan terus berkembang. Di balik perkembangan e-commerce yang sangat pesat, perpindahan tren belanja masyarakat dari berbelanja offline ke berbelanja online tidaklah mudah. Jual beli online adalah jual beli barang atau jasa oleh mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet, dimana penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau melakukan kontak fisik, dan dimana barang yang diperdagangkan ditawarkan pada layar dengan gambar yang ada di Internet melalui situs web atau toko online. Namun, jual beli offline (langsung) adalah cara untuk membeli dilakukan secara langsung biasanya banyak orang, membeli dan menjual langsung ke penjual Terdapat beberapa perbedaan mengenai faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswa dalam jual beli online dan jual beli langsung. Serta bagiamana mahasiswa menentukan minat beli diantaranya melalui kualitas produk, harga, dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi minat beli mahasiswa pada jual beli online dan Jual beli langsung di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Suber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dan dokumentas. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 2.304 dengan sampel 341 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk pada jual beli online tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli mahasiswa. Sedangkan pada jual beli langsung menunjukan bahwa kualitas produk pada jual beli langsung memiliki pengaruh terhadap minat beli mahasiswa. Variabel Harga menunjukan bahwa secara parsial harga berpengaruh terhadap minat beli pada jual beli online dan jual beli langsung. Variabel Kualitas Layanan menunjukan bahwa secara parsial kualitas layanan berpengaruh terhadap minat beli pada jual beli online dan jual beli langsung. Kemudian dalam melakukan uji komparasi menggunakan independent sampel t test, variabel kualitas produk, harga, dan kualitas layanan memiliki nilai sig (2- tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedayan signifikan antara jual beli online dan jual beli langsung. Kata Kunci: Jual Beli Online, Jual Beli Langsung Dan Minat Beli

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 May 2023 07:20
Last Modified: 24 May 2023 07:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item