ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEMPE DI DESA SETU WETAN KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON

Indah Nurhaeni, (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEMPE DI DESA SETU WETAN KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204032_1_cover.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204032_2_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204032_6_bab5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204032_7_dafpus.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Indah Nurhaeni. NIM : 1908204032, “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEMPE DI DESA SETU WETAN KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu timbul karena keberadaan pelaku usaha tempe yang belum maksimal dalam melakukan promosi, belum menemukan kesesuaian ukuran dan harga tempe, dan belum mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Hal ini terbukti masih banyak pelaku usaha yang belum memanfaatkan peranan digital guna memperoleh informasi terkait pengembangan usaha dan memperkenalkan usaha tempe lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk bisa mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan usaha tempe untuk meningkatkan omzet penjualan di Desa Setu Wetan Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, dan mengetahui dan menganalisis SWOT pelaku usaha tempe untuk meningkatkan omzet penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dideskripsikan untuk mendapatkan data tentang analisis strategi pengembangan usaha tempe di Desa Setu Wetan Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi secara langsung terhadap aktifitas usaha tempe di Desa Setu Wetan, wawancara pelaku usaha tempe dan konsumen dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaku usaha tempe memiliki beberapa strategi yang diterapkan, yaitu strategi modal, strategi tenaga kerja bahan baku, strategi mesin, strategi tanah/gedung, strategi skill/kemampuan, strategi produk, harga, promosi, dan lokasi. Dengan adanya strategi tersebut dapat membantu pelaku usaha tempe di Desa Setu Wetan mempertahankan perusahaan dan mengembangkan usaha lebih baik lagi dalam meningkatkan omzet penjualan. Sedangkan analisis SWOT strategi pengembangan usaha tempe untuk meningkatkan omzet penjualan di Desa Setu Wetan berada dikuadran II, yaitu diversifikasi strategi yaitu berada di strategi ST yang memiliki strategi alternatif berupa (1) mempertahakan proses produksi dengan baik sehingga menghasilkan produk yang berkualitas, (2) penyediaan tempat produksi milik sendiri sehingga tidak mempengaruhi harga produk, (3) memelihara mesin produksi dengan baik untuk meminimalisir kerusakan sehingga hemat terhadap bahan baku yang berfluktuasi, (4) Penyediaan modal untuk menambah produk yang terjual lebih berkualitas dari produk baru yang populer. Kata kunci: industri kecil, pelaku usaha tempe, strategi pengembagan, analisis SWOT

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 May 2023 01:47
Last Modified: 25 May 2023 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item