PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VAIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN RESTO MARUGAME UDON CIREBON

KUSNANTI ARIS TIYANI, (2023) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VAIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN RESTO MARUGAME UDON CIREBON. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204090_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204090_2_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204090_6_bab5.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204090_7_dafpus.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

KUSNANTI ARIS TIYANI. NIM: 1908204090, “PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VAIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN RESTO MARUGAME UDON CIREBON “ Saat ini industri kuliner di Indonesia memang berkembang sangat pesat. Bukan hanya makanan lokal saja, tetapi makanan dari seluruh dunia pun sudah mulai merajai kuliner Indonesia. Salah satunya adalah kuliner khas Jepang yang sangat digemari oleh masyarakat yaitu resto Marugame Udon. Marugame Udon adalah salah satu restoran yang sudah memiliki label halal. Ketika konsumen yang mempunyati religiusitas yang tinggi maka akan memperhatikan label halal terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian pada konsumen resto marugame udon Cirebon. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis). Penarikan sampel menggunakan purposive sampling untuk variabel (X) yaitu label halal, untuk variabel independen (Y) yaitu keputusan pembelian, dan utntuk variabel intervening (Z) yaitu religiusitas. Pada penelitian ini jumlah responden yang digunakan adalah 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis variabel label halal berpengaruh positif terhadap religiusitas , hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 10,421> 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Label halal tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian pada konsumen resto Marugame Udon Cirebon, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,345 < 1,661 dengan nilai signifikan yaitu 0,182. Religiusitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen resto marugame udon cirebon, hal ini dibuktikan dengaN nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,110>1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,037. Dan label halal berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian dengan adanya religiusitas sebagai variabel intervening, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien pengaruh tidak langsung > pengaruh secara langsung (0,203 > 0,179). Kata Kunci: Label Halal, Religiusitas, Keputusan Pembelian.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 May 2023 02:02
Last Modified: 25 May 2023 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item