PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CPS PASAR BARU INDRAMAYU

TURI SAPTURI, (2022) PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CPS PASAR BARU INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808203055_1_cover.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203055_2_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203055_6_bab5.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203055_7_dafpus.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

TURI SAPTURI. NIM. 1808203055, “PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CPS PASAR BARU INDRAMAYU”, 2022 Emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang. walaupun demikian, kita mesti menyadari bahwa harga emas pun tidak selamanya naik. Ada masa-masa tertentu pula harga emas mengalami penurunan. Fluktuasi harga emas dapat terjadi karena tidak seimbangnya pasar permintaan dan penawaran. Selain itu, adanya interaksi antar pasar komoditas dan pasar uang juga mendorong fluktuasi harga emas, mengikuti fluktuasi nilai tukar. Fluktuasi harga emas juga dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan emas dikarenakan nasabah beranggapan bahwa ketika harga emas naik maka nilai emas yang didapatkan juga akan semakin banyak, begitupun sebaliknya. Promosi menjadi salah satu faktor dalam proses keputusan pembelian. Promosi ini menjadi salah satu cara untuk memberitahukan produk tabungan emas kepada calon nasabah sehingga calon nasabah mengetahui apa itu tabungan emas dan fungsi dari tabungan emas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kasualitas. populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah tabungan emas di pegadaian syariah CPS Pasar Baru Indramayu dengan jumlah 854 nasabah, pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dan telah ditentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 90 nasabah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik berupa, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t (parsial) dan uji f (simultan), dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel fluktuasi harga emas terhadap variabel keputusan nasabah dengan nilai thitung sebesar 5,713 yang mana > 1,662 (ttabel ) serta pada nilai signifikansi sebesar 0.000 yang mana > 0,1. Kemudian terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel strategi promosi terhadap variabel keputusan nasabah dengan nilai thitung 4,726 yang mana > 1,662 (ttabel) serta pada nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana < 0,1. Dan secara simultan variabel fluktuasi harga emas dan strategi promosi berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah dengan nilai Fhitung 47,438 yang mana > 2,36 (Ftabel)dan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang mana > 0,1. Kata Kunci : Fluktuasi Harga Emas, Strategi Promosi, Keputusan Nasabah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 May 2023 02:40
Last Modified: 30 May 2023 02:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item View Item