Pengaruh Literasi Asuransi, Persepsi, Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah (Studi Kasus Generasi Milenial Di Kabupaten Cirebon)

Chelyn Andira, (2023) Pengaruh Literasi Asuransi, Persepsi, Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah (Studi Kasus Generasi Milenial Di Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203183_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203183_2_bab1.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203183_6_bab5.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203183_7_dafpus.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Chelyn Andira. NIM: 1908203183, “Pengaruh Literasi Asuransi, Persepsi, Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah (Studi Kasus Generasi Milenial Di Kabupaten Cirebon)”, 2023. Setiap manusia tidak terlepas dari masalah dan resiko, oleh karena itu dalam kehidupan sangat diperlukan perlindungan, bentuk perlindungan ini dinamakan asuransi, secara umum lembaga asuransi di Indonesia dibedakan ke dalam dua macam yaitu Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional. Indeks inklusi keuangan syariah mengalami penurunan hal ini berbanding terbalik dengan indeks inklusi keuangan konvensional, artinya masyarakat lebih mengetahui dan memahami produk dan jasa keuangan konvensional dibanding produk dan jasa keuangan syariah. hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan mengenai minat menggunakan asuransi syariah diperoleh hasil yang lumayan tinggi yaitu 76,4% generasi milenial berminat menggunakan asuransi syariah, namun hal ini tidak dibarengi dengan jumlah pengguna asuransi syariah yang hanya 13,6%. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pemahaman, literasi dan persepsi mengenai asuransi yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi asuransi, persepsi, dan pendapatan terhadap minat generasi milenial di Kabupaten Cirebon dalam menggunakan asuransi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metodenya survei, jenis penelitiannya kausalitas. Untuk sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, adapun untuk teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan lapangan yang terdiri dari observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis statistic dengan bantuan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji T, dari variabel literasi asuransi diperoleh nilai yaitu 7,373 dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,373 > 1,971, artinya literasi asuransi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Dari variabel persepsi diperoleh nilai yaitu 4,501 dengan nilai thitung >ttabel yaitu 4,501 > 1,971, artinya persepsi generasi milenial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Dari variabel pendapatan diperoleh nilai 2,546 dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,546 > 1,971, artinya pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Dari hasil uji F diperoleh nilai 100,504 dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 100,504 > 2,65, artinya literasi asuransi, persepsi, dan pendapatan berpengaruh signifikan, dan diperkuat dengan uji determinasi R2 diperoleh nilai 0,595 yang berarti ketiga variabel tersebut kontribusinya sedang terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah sebesar 59,5%. Kata Kunci: Literasi Asuransi, Persepsi, Pendapatan, Minat, dan Asuransi Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 May 2023 02:56
Last Modified: 30 May 2023 02:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item