ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

NENI FITRIYANI, (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203057_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203057_2_bab1.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203057_6_bab5.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203057_7_dafpus.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

NENI FITRIYANI. NIM: 1908203057, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon)”, 2023. Fenomena perkembangan ekonomi digital di Indonesia mengalami kepesatan cukup tinggi, fenomena tersebut berdampak bahkan mengarah kepada persaingan, khususnya untuk perusahaan yang berfokus pada ekonomi digital, serta menciptakan pergeseran peranan pasar fisik yang beralih pada pasar online. Pergeseran tersebut dapat dirasakan dengan maraknya transaksi jual beli yang terjadi secara online pada e-commerce. Walaupun demikian tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak konsumen yang kecewa pada produk e-commerce, hal ini menunjukan bahwa e-commerce sering kali masih kalah saing dengan pasar fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas produk (X1), harga produk (X2), kemudahan penggunaan (X3), dan ulasan produk (X4) baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian (Y) produk fashion & accessories pada e-commerce Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 385 responden dari populasi 2.302 menggunakan rumus Cochran dengan standar error 5%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan hipotesis pertama diterima yakni kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk e-commerce dengan pengaruh parsial sebesar 17,7%. Hipotesis kedua diterima yakni harga produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk e-commerce dengan pengaruh parsial sebesar 10,5%. Hipotesis ketiga diterima yakni kemudahan penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk e-commerce dengan pengaruh parsial sebesar 22,5%. Hipotesis keempat diterima yakni ulasan produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk e commerce dengan pengaruh parsial sebesar 25,8%. Hipotesis kelima diterima yakni kualitas produk, harga produk, kemudahan penggunaan dan ulasan produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk e commerce dengan pengaruh simultan sebesar 76,6%. Kata Kunci: kualitas produk, harga produk, kemudahan penggunaan, ulasan produk, keputusan pembelian, mahasiswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 May 2023 03:08
Last Modified: 30 May 2023 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item