Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Digitalisasi Bisnis Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Kuningan (Survei Pada Anggota Solusi Store PaDi UMKM Kuningan)

RANNY MAULIDIA, (2023) Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Digitalisasi Bisnis Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Kuningan (Survei Pada Anggota Solusi Store PaDi UMKM Kuningan). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203231_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203231_2_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203231_6_bab5.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203231_7_dafpus.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

RANNY MAULIDIA. 1908203071. “Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Digitalisasi Bisnis Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Kuningan (Survei Pada Anggota Solusi Store PaDi UMKM Kuningan).” 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman para pelaku UMKM terkait literasi keuangan syariah dan proses digitalisasi bisnis yang kurang memadai untuk mengembangkan usaha. Pelaku UMKM Kabupaten Kuningan ini masih banyak yang belum terakses oleh modal usaha baik dari lembaga keuangan bank maupun non bank, belum mengatur keuangan usaha dengan baik karena masih menggabungkan antara keuangan usaha dengan keuangan pribadi, kemudian proses bisnisnya belum upgrade dan tersentuh oleh teknologi digital karena masih secara tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat literasi keuangan syariah dan digitalisasi bisnis terhadap perkembangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang populasinya adalah anggota komunitas Solusi Store PaDi UMKM Kabupaten Kuningan sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (total sampling), dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya diketahui bahwa: (1) Literasi keuangan syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha sebesar 29.49%. (2) Digitalisasi Bisnis berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha sebesar 17.29%. (3) Literasi keuangan syariah dan digitalisasi bisnis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan usaha sebesar 46.8% dan sisanya sebesar 53.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. (4) Tingkat literasi keuangan syariah para Pelaku UMKM yang tergabung pada komunitas Solusi Store PaDi UMKM Kabupaten Kuningan termasuk kategori less literate serta pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan belum menerapkan digitalisasi bisnis dalam usahanya. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Digitalisasi Bisnis, Perkembangan Usaha

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 May 2023 03:34
Last Modified: 30 May 2023 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10596

Actions (login required)

View Item View Item