PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN DAN TAGLINE GRATIS ONGKIR TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

LITA RAHMATIKA, (2022) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN DAN TAGLINE GRATIS ONGKIR TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1608203178_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203178_2_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203178_6_bab5.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203178_7_dafpus.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

LITA RAHMATIKA. NIM: 1608203178. PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN DAN TAGLINE GRATIS ONGKIR TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)”. Skripsi 2022. Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi internet sudah sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan dunia digital khususnya sektor e-commerce. Persaingan bisnis yang ketat menuntut sebuah perusahaan untuk bersaing dengan harga dan kualitas, sehingga akan memberikan kontribusi positif bagi eksistensi bisnis dimasa yang akan datang. Harga merupakan faktor utama yang memengaruhi pembelian secara online. Persepsi harga sangat erat kaitannya dengan minat beli, semakin terjangkau harga suatu barang semakin banyak minat beli. Selain adanya membandingkan serta mempetimbangkan biaya yang dikeluarkan dalam berbelanja online, adanya kepercayaan yang juga mempengaruhi niat beli konsumen. Program gratis ongkos kirim dari Shopee merupakan hal yang sangat menarik bagi para penggunanya sehingga banyak sekali pengguna Shopee mencoba untuk berbelanja dan juga berjualan di Shopee, diharapkan dengan tagline tersebut mampu memberikan kesan yang mendalam sehingga mudah diingat oleh konsumen. Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh persepsi harga, kepercayaan dan tagline gratis ongkir terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce shopee. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 63 responden dari populasi 170 menggunakan rumus slovin dengan standar eror 0,1 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil dari penelitian ini bahwa persepsi harga secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce shopee dengan nilai signifikansi 0,000, Begitu juga dengan variabel kepercayaan secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce shopee dengan nilai signifikansi 0,044 serta variabel tagline gratis ongkir memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli mahasiswa di e�commerce shopee dengan nilai signifikansi 0,014. Secara simultan persepsi harga, kepercayaan dan tagline gratis ongkir bersama-sama mempengaruhi minat beli mahasiswa di e-commerce shopee dengan kontribusi sebesar 82%, sedangkan 18% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Persepsi Harga, Kepercayaan, Tagline Gratis Ongkir, Minat Beli, E-Commerce

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:21
Last Modified: 06 Jun 2023 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item