PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MOTIVASI DAN KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON

Putri Fakhira Septianti, (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MOTIVASI DAN KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203063_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203063_2_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203063_6_bab5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203063_7_dafpus.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Putri Fakhira Septianti. NIM: 1908203063, “PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MOTIVASI DAN KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”, 2022. Pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan nasional dalam rangka peningkatan masyarakat. Ada berbagai jenis pajak yang dikenakan kepada masyarakat, namun dari beberapa diantaranya, Pajak Bumi dan Bangunan merupakan jenis pajak yang sangat potensial dan strategis sebagai sumber penghasilan negara dalam rangka membiayai penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Peran serta masyarakat wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak berdasarkan ketentuan perpajakan sangat diharapkan. Sehingga kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak merupakan posisi strategis dalam peningkatan penerimaan pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu mengenai pengaruh parsial dan simultan dari Pengetahuan Perpajakan, Motivasi, dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Banjarwangunan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik sampling yang digunakann adalah purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu wajib pajak bumi dan bangunan yang berada di wilayah desa banjarwangunan kabupaten Cirebon dengan jumlah responden 100 orang. Untuk menguji kualitas instrument, digunakan Uji Validitas dan Uji Reabilitas. Pengujian asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heterokedastisitas. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi berganda dengan analisis yang digunakan yaitu, Uji Statistik T, Uji Statistik F dan Uji Koefisien Determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil uji t (parsial) dapat di ketahui jika terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengetahuan Perpajakan dan Motivasi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, namun pada variabel Kesadaran tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadaop Kepatuhan Wajib Pajak, dikarenakan nilai Sig. 0.231 > 0,05 dan nilai t hitung 1.206 < t tabel 1.98498. Akan tetapi, jika ketiga variabel tersebut diuji dengan uji F (simultan) ternyata terdapat pengaruh yang signifikan antara ketiga variabel independen terhadap variabel dependen, karena nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 82.004 > F tabel 2,70. Kata Kunci : Pajak, Pajak Bumi dan Bangunan, Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:40
Last Modified: 06 Jun 2023 02:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10620

Actions (login required)

View Item View Item