PENGARUH PEMBIAYAAN MODAL KERJA DAN PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) FOOD COMPANY (Studi UMKM Bidang Kuliner)

WINI SUCI LESTARI, (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN MODAL KERJA DAN PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) FOOD COMPANY (Studi UMKM Bidang Kuliner). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203162_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203162_2_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203162_6_bab5.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203162_7_dafpus.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

WINI SUCI LESTARI, 1908203162, “PENGARUH PEMBIAYAAN MODAL KERJA DAN PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) FOOD COMPANY (Studi UMKM Bidang Kuliner)”, 2023. Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis semakin ketat terutama pada bidang kuliner. Hal ini sangat mendorong para pelaku UMKM untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki agar dapat beroperasi secara optimal dan bisnis berkembang secara maksimal. Adapun permasalahan utama yang dihadapi UMKM food company adalah dalam hal permodalan dan kurangnya produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembiayaan Modal Kerja dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia yang baik akan mempengaruhi perkembangan UMKM food company. Jenis penelitian ini merupakan penelitian inferensial dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pelaku UMKM bidang kuliner yang menggunakan pembiayaan modal kerja di Kabupaten Kuningan dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistika berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis berupa uji t (persial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi (R2 ), dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan alat bantu berupa SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pembiayaan modal kerja terhadap perkembangan UMKM food company sebesar 33,58% serta terdapat pengaruh positif signifikan antara profesionalisme sumber daya manusia terhadap perkembangan UMKM food company sebesar 12,19%. Selanjutnya, secara simultan pembiayaan modal kerja dan profesionalisme sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM food company sebesar 45,8%. Kata kunci: Pembiayaan Modal Kerja, Profesionalisme Sumber Daya Manusia, dan Perkembangan UMKM Food Company

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:39
Last Modified: 12 Jun 2023 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item