Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan dan Promosi Panjualan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan ShopeePay (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Muhamad Iqbal Fuadi, (2023) Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan dan Promosi Panjualan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan ShopeePay (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1708203188_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203188_2_bab1.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203188_6_bab5.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203188_7_dafpus.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Muhamad Iqbal Fuadi 1708203188 “Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan dan Promosi Panjualan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan ShopeePay (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Perkembangan tekonologi informasi sangatlah pesat, sehingga dapat merubah sebagian besar gaya hidup masyarakat Indonesia yang bersifat tradisional menjadi modern, salah satunya pada sistem pembayaran. Saat ini pembayaran elektronik merupakan sebuah inovasi sistem pambayaran yang meodern. Artinya perkembangan teknologi informasi sebagai sarana kebutuhan konsumen dalam melakukan pembayaran secara tunai menjadi non tunai. E-wallet merupakan bentuk financial technology yang memanfaatkan media internet sebagai alternatif metode pembayaran. E-wallet tumbuh dengan menawarkan berbagai fasilitasnya dengan teknologi terkini yang dengan mudah diakses oleh semua kalangan diseluruh negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kemudahan, keamanan dan promosi penjualan terhadap minat bertransaksi menggunakan ShopeePay. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa jurusan Perbankan Syariah tahun angkatan 2019-2021 yang menggunakan e-wallet ShopeePay dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan alat uji aplikasi IBM Statistics versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel kemudahan terhadap minat menggunakan yaitu sebesar 12,47 %, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel keamanan terhadap minat menggunakan sebesar 29,01 %, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel promosi penjualan terhadap minat menggunakan dengan nilai sebesar 18,12 %. Selanjutnya berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel II kemudahan, keamanan dan promosi penjualan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet ShopeePay. Dengan nilai R Square sebesar 0,596 atau 59,6 %. Kata Kunci : Minat Menggunakan, Kemudahan, Keamanan, Promosi Penjualan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:30
Last Modified: 13 Jun 2023 04:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10662

Actions (login required)

View Item View Item