RIRIN IKRIMAH, (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PKK) PASCA ERA NEW NORMAL. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1415105015_1_cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
1415105015_2_bab1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
1415105015_6_bab5.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
1415105015_7_dafpus.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
E-learning atau biasa dikenal dengan istilah pembelajaran online memiliki ciri, yaitu pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sehingga proses pembelajaran dilakukan lebih fleksibel. Adanya kemajuan teknologi di bidang pendidikan, tidak menutup kemungkinan adanya hal negatif yang ditimbulkan dari adanya e-learning. Pada peserta didik, dampak negatif yang ditimbulkan pada pembelajaran berbasis e-learning adalah adanya penurunan pada aspek afektif atau karakter. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai kasus terkait pergeseran karakter yang melibatkan peserta didik sebagai pelakunya, serta pembelajaran berbasis e-learning juga mengakibatkan peserta didik mengalami learning loss. Kemajuan teknologi seharusnya dapat menjadi jembatan bagi kemajuan bangsa, dalam dunia pendidikan untuk mengatasi pergeseran karakter pada peserta didik adalah dengan cara menjadikan e-learning sebagai media pembentukan karakter. E-learning dapat diintegrasikan dengan penerapan program penguatan pendidikan karakter (PPK). PPK merupakan suatu program yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2016 dengan tujuan untuk memperkuat karakter peserta didik. Program tersebut diterapkan untuk mengurangi kasus degradasi moral yang sedang terjadi di kalangan masyarakat, khususnya remaja, untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika, dan untuk menerapkan PPK pada pembelajaran berbasis e-learning. Fokus penelitian ini adalah terkait implementasi program PPK pada pembelajaran matematika berbasis e-learning, kendala yang terjadi saat melakukan program tersebut, serta upaya yang dilakukan guru dalam meminimalisasi kendala yang dialami selama menjalani program PPK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan yaitu skala penilaian diri, skala penilaian teman sejawat, dan pedoman wawancara pengelolaan penguatan pendidikan karakter pada siswa. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagian besar peserta didik (97%) memiliki nilai karakter religius, jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin, mandiri, komunikatif, dan toleransi. Kendala yang dialami saat mengimplementasikan PPK pada pembelajaran matematika berbasis e-learning adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran dari guru serta peserta didik terkait pendidikan karakter. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kendala yang dialami adalah memberikan pemahaman terkait pendidikan karakter terhadap guru dan peserta didik, serta memberikan arahan kepada peserta didik yang masih belum memiliki kesadaran untuk menanamkan nilai-nilai karakter di dalam dirinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10856 |
Actions (login required)
View Item |