PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK LEAFLET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

INDAH MILADIYAH, (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK LEAFLET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105094_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105094_2_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105094_6_bab5.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105094_7_dafpus.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa bahan ajar cetak leaflet yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (5) fase implementasi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi bahan ajar leaflet, lembar angket respon siswa, lembar angket minat belajar siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal pretest-posttest. Produk diujicobakan di SMP Negeri 1 Cilimus dengan sampel siswa kelas VIII.4 berjumlah 36 siswa pada materi koordinat kartesius. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar leaflet dinyatakan valid, dengan perolehan skor ahli materi sebesar 76 berada pada kategori baik, ahli media sebesar 50 berada pada kategori sangat baik dan ahli bahasa sebesar 35 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet yang di dapat bahwa bahan ajar cetak leaflet dinyatakan sangat praktis dengan perolehan skor rata-rata 77,25. Berdasarkan hasil angket minat belajar siswa dan soal pretest-posttest menunjukkan bahwa efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa khususnya pelajaran matematika. Dari hasil uji sampel paired test soal pretest-possttest menyimpulkan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet ( diterima dan ditolak), dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,005. Selain itu N-gain dari angket minat belajar siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 0, 373 berada pada kategori sedang dan N-gain dari soal pretest-postest memperoleh rata-rata skor sebesar 0,38 berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar cetak leaflet memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:03
Last Modified: 06 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item