PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAAN MATEMARIKA BERBASIS EXE (E-LEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

LIA MISLIAH, (2022) PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAAN MATEMARIKA BERBASIS EXE (E-LEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105150_1_cover.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105150_2_bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105150_6_bab5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105150_7_dafpus.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

EXE (E-learning Xhtml Editor) adalah multimedia pembelajaran yang mengintegrasikan inovasi dan kemajuan teknologi melalui system online learning. Teknologi informasi merupakan alat bantu yang sangat efektif bagi seorang guru dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan di era globalisasi. Media yang paling banyak memberikan konstribusinya dalam perkembangan teknologi adalah internet. Internet memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam pembelajaran baik berupa teks, gambar, video, maupun audio-visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran matematika berbasis EXE, mengetahui respon siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran matematika berbasis EXE dan mengetahui pengaruh multimedua pembelajaran matematika berbasis EXE terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Selanjutnya, populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A, E, dan I yang berjumlah 104 siswa dengan sampel yang terpilih melalui teknik non probability sampling yaitu kelas VIII A yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 74,29. Berdasarkan kategori distribusi frekuensi posttest memperoleh sebaran nilai hasil belajar siswa pada kategori sangat baik yaitu 14,3%, kategori baik yaitu 68,6%, dan kategori cukup yaitu 17,1% sedangkan pretest memperoleh sebaran nilai hasil belajar siswa pada kategori cukup yaitu 42,9% dan kategori kurang yaitu 57,1%. (2) Respon siswa terhadap penerapan multimedia pembelajaran matematika berbasis EXE memiliki rata-rata 93,73% dengan kategori sangat baik. (3) Pengaruh multimedia pembelajaran matematika berbasis EXE untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Ciasem memperoleh pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji linearitas didapat 0,519 > 0,05. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji regresi sederhana didapatkan nilai F hitung = 27,588 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, Kemudian dari hasil uji koefisien korelasi didapatkan nilai signifikansi variabel x dan y sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisiennya sebesar 0,675 yang artinya terdapat hubungan dengan kriteria kuat. Dan dari hasil uji determinasi didapatkan nilai R Square = 0,455 yang artinya pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran matematika berbasis EXE (E-learning Xhtml Editor) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,5%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:10
Last Modified: 06 Jul 2023 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10863

Actions (login required)

View Item View Item