PERSEPSI GURU MATEMATIKA TENTANG PENERAPAN KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMPN KERTAJATI MAJALENGKA

NUNU IKATI MARYAM, (2022) PERSEPSI GURU MATEMATIKA TENTANG PENERAPAN KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMPN KERTAJATI MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1415105089_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1415105089_2_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1415105089_6_bab5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1415105089_7_dafpus.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Persepsi atau pandangan guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kertajati Majalengka. Jenis penelitian ini adalah Kualitatip Deskripsi dengan metode yang digunakannya adalah Obserpasi, wawancara da Dokumentasi.Pertanyaan pada makalah ini adalah : (1) Bagaimana Persepsi Guru Matematika tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kertajati?, (2) Apa kendala yang dihadapi guru matematika dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kertajati?. (3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam rangka menyukseskan Penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Kertajati Majalengka?. Tujuan dari peneelitian ini adalah untuk (1) mengetahui persepsi guru matematika tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kertajati, (2) mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru matematika dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kertajati, (3) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam rangka menyukseskan penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kertajati. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) kurikulum 2013 menyulitkan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran karena tidak semua siswa mampu berfikir kritis, mampu berbicara maupun bersosialisasi dengan anggota kelompoknya. (2) Faktor penghambat guru matematika dalam penerapan kurikulum 2013 adalah : pertama dalam pembelajaran matematika materi yang dibahas dalam buku bahasanya terlalu tinggi, sehingga siswa sulit memahami materi karena daya pikir siswa berbeda-beda. Kedua keterbatasan sarana dan prasarana seperti LCD dan Projektor yang menyebabkan tidak terwujudkan penerapan atau pemanfa’atan teknologi dalam implementasi kurikulum 2013 dan keterbatasan buku sehingga siswa hanya dapat meminjam buku dari perpustakaan karena guru mejual buku kepada siswa. Ketiga adanya pendemi COVID-19 ini sangat menghambat keberlangsungannya pembelajaran, karena adanya sistem tatap muka hanya lima puluh persen dan pengurangan waktu belajar siswa, sehingga materi yang disampaikan kurang maksimal. (3) Upaya guru dalam menyukseskan kurikulum 2013 adalah pertama dengan memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif. Kedua membantu memfasilitasi media belajar siswa. Ketiga guru lebih banyak mencari informasi mengenai kurikulum 2013 agar mendambah wawasan dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kertajati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:54
Last Modified: 06 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item