WEILYN, (2023) EFEKTIVITAS E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DIGITAL MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808105071_1_cover.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text
1808105071_2_bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
1808105071_6_bab5.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
1808105071_7_dafpus.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Menyadari akan pentingnya kemampuan komunikasi digital matematis siswa, guru harus mengupayakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat memberikan peluang dan mendorong siswa untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan tepat menjadi salah satu alternatif untuk dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang akan menciptakan suasana yang aktif dan dapat menunjang tercapainya tujuan pemebelajaran matematika salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan e-modul interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas e-modul interaktif terhadap kemampuan komunikasi digital matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitif dan design pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciwaringin tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII G sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: penggunaan e-modul interaktif sebelum diterapkan di dalam pembelajaran melalui beberapa proses, salah satunya yaitu validitas yang dilakukan oleh beberapa ahli baik itu validasi materi maupun validasi media, hasil penggunaan e-modul interaktif efektif terhadap kemampuan komunikasi digital matematis siswa hal ini di tunjukan pada hasil hasil presentase respon siswa yaitu sebesar 75,5% dengan kategori baik, Kemampuan komunikasi digital matematis nilai thitung > ttabel atau 10.561 > 2,045 maka H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap kemampuan komunikasi digital matematis siswa. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan e�modul interaktif yang ditunjukan pada nilai rata-rata pretest sebesar 36,63 dan posttest sebesar 72,56 selain itu hasil uji ketuntasan pada kelas eksperimen memperoleh Zhitung > Ztabel atau 7,223 > 1,64 yang berarti siswa pada kelas eksperiman telah tuntas secara individual dan juga tuntas secara klasikal karena siswa yang menggunakan e-modul interaktif mencapai 76,6% melebihi KKM. Hasil uji paired test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain diperoleh sebesar 56,62% termasuk kategori cukup efektif. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penggunaan e-modul interaktif efektif terhadap kemampuan komunikasi digital matematis siswa pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:13 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10925 |
Actions (login required)
View Item |