PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI KAIDAH PENCACAHAN

RIZKI AMALIA, (2022) PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI KAIDAH PENCACAHAN. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105058_1_cover.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105058_2_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105058_6_bab5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105058_7_dafpus.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal tes HOTS berbantuan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran matematika kelas XII SMA dan untuk mengetahui kualitas soal tes HOTS tersebut menggunakan analisis ANATES. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan 3 langkah penelitian dan pengembangan menurut modifikasi Model Wilson, dan model Oriondo dan Antonio, yaitu: 1) perancangan tes, 2) uji coba tes, dan 3) perakitan tes. Objek pada penelitian ini adalah pengembangan soal tes HOTS pada materi kaidah pencacahan. Hasil penelitian ini telah melampaui validasi materi, validasi media dan uji coba produk. Hasil validasi materi yang dilakukan oleh 3 validator didapatkan skor rerata 93,75% dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi media yang dilakukan oleh 2 validator didapatkan skor rerata 78,4% dengan kategori "baik". Subjek pada penelitian ini adalah 33 siswa kelas XII Mipa 5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis dari 15 butir soal diperoleh reliabilitas soal menunjukkan angka 0,86 termasuk dalam kategori “tinggi”. Hasil analisis daya pembeda soal masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 67%, kategori baik dengan persentase sebesar 20% dan kategori buruk dengan persentase sebesar 13%. Hasil analisis tingkat kesukaran soal dikategorikan sangat sukar yang menunjukkan persentase sebesar 7%, kategori sukar dengan persentase sebesar 13%, kategori sedang dengan persentase sebesar 47%, kategori mudah dengan persentase sebesar 20%, dan kategori sangat mudah dengan persentase sebesar 13%. Hasil analisis kualitas distraktor (pengecoh) soal dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 73%, kategori baik dengan persentase sebesar 13% dan kategori buruk dengan persentase sebesar 13%. Secara keseluruhan soal yang dikembangkan sudah baik namun terdapat 3 soal yang memiliki kualitas tidak baik sehingga harus dibuang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:15
Last Modified: 06 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10961

Actions (login required)

View Item View Item