MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP INKLUSI SADA IBU KOTA CIREBON

NUR AZIZAH, (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP INKLUSI SADA IBU KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105162_1_cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105162_2_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105162_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105162_7_dafpus.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan hendaknya tidak mendiskriminasikan siapapun. Semua siswa harus dipandang sama tanpa terkecuali anak dengan kebutuhan khusus, karena mereka pun memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak normal lainnya dalam mendapatkan pendidikan. Di dalam pelaksanaan pendidikan terdapat suatu manajemen, diantaranya yaitu manajemen kurikulum dan pembelajaran yang mana keduanya saling bekaitan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen kurikulum dan pembelajaran matematika yang diterapkan di SMP Inklusi Sada Ibu Kota Cirebon. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru matematika. Ruang lingkup manajemen kurikulum dan pembelajaran matematika yang diteliti meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Terdapat keunikan yang ditemui di SMP Inklusi Sada Ibu yaitu memiliki siswa berkebutuhan khusus lebih banyak dibandingkan dengan siswa normalnya. Hasil penelitian manajemen kurikulum menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan dengan beberapa proses, yaitu membuat dokumen-dokumen kurikulum, kemudian pembagian tugas dan jam belajar yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 serta disusun dalam dokumen satu kurikulum, pada pelaksanaan kurikulum yaitu melaksanakannya pada tingkat sekolah dan juga kelas. Pada tingkat sekolah, kepala sekolah turut berperan di dalamnya, sedangkan guru berperan pada jenjang kelas. Untuk evaluasi dilakukan dengan dua tahap, pertama yaitu terdapat evaluasi hasil pembelajaran, guru-guru melaporkan hasil pembelajaran siswa selama satu semester pada rapat evaluasi kurikulum. Selanjutnya yaitu terdapat evaluasi kenaikan kelas, pada evaluasi ini guru-guru melaporkan daftar nilai, kondisi selama pelaksanaan kurikulum, kemudian juga terkait hasil selama ujian-ujian yang dilaksanakan. Adapun hasil penelitian manajemen pembelajaran matematika, pada kegiatan perencanaan guru matematika menyiapkan perangkat pembelajaran seperti membuat RPP, mengembangkan silabus, menyiapkan media dan juga sumber belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama, kemudian menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari serta mengaitkan materi pembelajaran yang akan disampaikan dengan pembelajaran sebelumnya. Dalam kegiatan evaluasi, dilakukan dengan dua bentuk evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung serta evaluasi sumatif, guru dilaksanakan dengan beberapa penilaian seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:24
Last Modified: 06 Jul 2023 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item