PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALGEBRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

SITI ALFIYAH, (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALGEBRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105003_1_cover.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105003_2_bab1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105003_6_bab5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105003_7_dafpus.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penerapan pembelajaran matematika merupakan salah satu proses interaksi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran matematika agar tercapainya tujuan pembelajaran. Bagi siswa, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit, membingungkan sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika siswa sangat buruk. Paradigma siswa tersebut dipengaruhi oleh guru yang menggunakan metode ceramah lalu dilanjutkan menggunakan tanya jawab dan latihan yang terkesan sangat mononton. Untuk mengatasi masalah tersebut, diharapkan guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran aktif, efektif, kreatif dan inovatif yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang sangat nyaman dan menyenangkan sehingga siswapun dapat meningkatkan untuk hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan Algebrator, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Algebrator, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Algebrator dan yang tidak menggunakan Algebrator, dan mengetahui kemampuan hasil belajar siswa setelah pembelajaran matematika menggunakan Algebator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswi kelas VIII MTs Nurul Ikhwan Mertapada tahun 2021/2022. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik naratif adonan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, respon siswa memberi tanggapan yang baik pada langkah-langkah yang dilaksanakan dalam model pembelajaran matematika menggunakan Algebrator dengan respon yang baik sebesar 69% dan respon siswa yang menyatakan setuju terhadap penerapan Algebrator yaitu sebesar 40,42%, penerapan pembelajaran matematika menggunakan Algebrator memiliki nilai rata-rata eksperimen siswa sebesar 71,250, siswa yang tidak menggunakan Algebrator masih rendah dalam indikator mencari alternatif signifikan dibandingkan dengan siswa yang sudah menggunakan Algebrator, hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan Algebrator lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan Algebrator.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:46
Last Modified: 06 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item