PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PASA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA CIREBON

ULUL NURUL IMAN, (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PASA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110041_1_cover.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110041_2_bab1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110041_6_bab5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110041_7_dafpus.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Ulul Nurul Iman. 2022. Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Cirebon. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd. Pembimbing (2) Tato Nuryanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelejaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang dianalisis merupakan data kunci dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di lingkungan ruangan kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, angket, dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) beserta uji-t (Independent Samples T-Test) didapatkan hasil bahwa metode bermain peran terdapar pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan hasil sig. (2- tailed) sebesar 0,003 jadi dapat disimpulkan bahwa 0,03 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain berpengaruh dalam peningkatan nilai keterampilan berbicara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:01
Last Modified: 07 Jul 2023 01:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item View Item