KETIDAKSANTUNAN BAHASA WARGANET DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TENTANG SIDANG KODE ETIK IRJEN FERDY SAMBO ATAS KASUS PEMBUNUHAN YANG DIUNGGAH AKUN DETIK.COM

RIDHAR RAHMAN HAUNA, (2023) KETIDAKSANTUNAN BAHASA WARGANET DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TENTANG SIDANG KODE ETIK IRJEN FERDY SAMBO ATAS KASUS PEMBUNUHAN YANG DIUNGGAH AKUN DETIK.COM. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110011_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110011_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110011_6_bab5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110011_7_dafpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ridhar Rahman Hauna. 2023. Ketidaksantunan Bahasa Warganet dalam Media sosial Instagram Tentang Sidang Kode Etik Ferdy Sambo Atas Kasus Pembunuhan yang Diunggah Detik.com . SKRIPSI. Cirebon. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd., (2) H. Udin Kamiluddin, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ketidaksantunan bahasa dan pelanggaran maksim kesantunan bahasa pada netizen dalam media sosial Instagram pada postingan kolom komentar di akun detik.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggambarkan perihal yang menyimpang pada netizen di dalam postingan kolom komentar media sosial akun instgaram berupa kata-kata dan kalimat yang digunakan oleh warganet. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari postingan media sosial akun Instagram akun Detik.com tentang sidang kode etik Ferdy Sambo atas kasus pembunuhan yang wujud datanya berupa ujaran ketidaksantunan dalam berkomentar di media sosial tersebut. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah berupa bentuk strategi ketidaksantunan ujaran kebencian yang terbagi menjadi dua yaitu, ketidaksantunan positif dan ketidaksantunan negatif serta bentuk pelanggaran maksim kesantunan bahasa. Terknik pengumpulan data hasilnya berupa screenshot dari postingan kolom komentar dengan menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pada yaitu metode yag alat ukur penentunya lawan tutur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian tentang ketidaksantunan bahasa pada komentar warganet pada postingan akun media sosial instgaram Detik.com dari 60 data terdapat 26 data ketidaksantunan positif dengan persentase 43,3% dan data ketidaksantunan negatif terdapat 33 data dengan peresentase 56,7%. Serta ditemukan pelanggaran maksim kesantunan bahasa yang paling besar adalah penyimpangan Maksim Penghargaan yang berjumlah 21 data dengan persentase 35% dan Maksim Kesimpatian yang berjumlah 20 data dengan persentase 33,3%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:31
Last Modified: 07 Jul 2023 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item View Item