ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII MTs BINA CENDEKIA CIREBON

LINDA WAHYUNI, (2023) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII MTs BINA CENDEKIA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110011_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110011_2_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110011_6_bab5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110011_7_dafpus.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

LINDA WAHYUNI. 2023. Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTs Bina Cendekia Cirebon. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Itaristanti, S.S., M.A, Pembimbing (2) Dr. Emah Khuzaemah, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kesalahan berbahasa, yakni pada kesalahan bidang ejaan, morfologi, dan sintaksis pada siswa kelas VIII MTs Bina Cendekia Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kesalahan berbahasa, yakni pada kesalahan bidang ejaan, bidang morfologi, dan bidang sintaksis. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan berbahasa adalah kurangnya pemahaman dan penguasaan, serta kemampuan siswa dalam menggunakan struktur bahasa tulis rata-rata masih rendah. Ketidakmampuan siswa dalam menggunakan bahasa terlihat pada penggunaan kalimat dalam karangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendekripsikan tentang kesalahan berbahasa pada teks eksposisi. Sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan hasil teks eksposisi siswa kelas VIII B dan VIII C. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik simak dengan teknik lanjutan, yaitu simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan kartu data. Data sekunder yang diperoleh oleh peneliti melalui sumber bacaan baik itu dari buku, artikel, jurnal, dan perpustakaan .Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode agih. Metode agih merupakan sebuah metode yang alat penentunya dari dalam bahasa itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terdapat kesalahan berbahasa dalam bidang ejaan, diantaranya ditemukan kesalahan pada bidang ejaan yang didapat adalah sebanyak 73 kesalahan, meliputi (1) bentuk kesalahan huruf kapital terdapat 51 kesalahan, (2) bentuk kesalahan kata depan terdapat 11 kesalahan, dan (3) bentuk kesalahan tanda baca terdapat 11 kesalahan. Selain itu juga, peneliti menganalissi kesalahan berbahasa pada bidang Morfologi terdapat 30 kesalahan, meliputi bentuk kesalahan penghilangan afiksasi terdapat 22 kesalahan, kesalahan reduplikasi terdapat 6 kesalahan, dan kesalahan komposisi terdapat 2 kesalahan. Pada bidang Sintaksis terdapat 19 kesalahan, meliputi kesalahan sintaksis tataran frasa terdapat 2 kesalahan, klausa terdapat 2 kesalahan, dan kalimat terdapat 15 kesalahan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:00
Last Modified: 07 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item