ANALISIS KETIDAKPADUAN PARAGRAF PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs AL-BANNA KECAMATAN DUKUNPUTANG KABUPATEN CIREBON

ANI KHOEROTUNNISA, (2023) ANALISIS KETIDAKPADUAN PARAGRAF PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs AL-BANNA KECAMATAN DUKUNPUTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1608110072_1_cover.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110072_2_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110072_6_bab5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110072_7_dafpus.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Ani Khoerotunnisa. 2023. ANALISIS KETIDAKPADUAN PARAGRAF PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs AL-BANNAA KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (I) Itaristanti, S.S., M.A., (2) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketidakpaduan paragraf yang meliputi: (1) bentuk ketidakpaduan paragraf pada karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Bannaa dan (2) Faktor yang menyebabkan ketidakpaduan paragraf pada karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Bannaa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah karangan deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII MTs Al-Bannaa. Objek penelitian ini adalah penanda hubung antarkalimat dan penanda pertalian makna antarkalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah secara mendalam dan terperinci mengenai ketidakpaduan paragraf pada karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Bannaa. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan penanda hubung antarkalimat (kohesi) dan penanda pertalian makna antarkalimat (koherensi) digunakan metode simak dengan teknik bebas libat cakap dan teknik catat. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode agih. Metode agih merupakan metode dengan alat penentu dari bahasa yang bersangkutan yang menjadi objek sasaran dari penelitian itu sendiri. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument), yaitu sebagai instrumen kunci dengan bantuan lembar karangan deskripsi siswa serta lembar kuesioner. Hasil penelitian ini, yaitu bentuk ketidakpaduan paragraf pada karangan deskripsi siswa ditemukan sebanyak 54 kesalahan atau ketidakpaduan dari 38 karangan deskripsi meliputi kesalahan kohesi dan koherensi, dan beberapa faktor yang menyebabkan ketidakpaduan paragraf pada karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Bannaa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:09
Last Modified: 07 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item