NILAI KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DALAM PEMANFAATNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII

SRI NOVIA AYU, (2022) NILAI KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DALAM PEMANFAATNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1608110059_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110059_2_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110059_6_bab5.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110059_7_dafpus.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

SRI NOVIA AYU. 2022. NILAI KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DALAM PEMANFAATANYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Skripsi. Cirebon. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2022. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (I) Dr. Indrya mulyaningsih, M.Pd (2) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd. Kunci : Nilai Karakter, Modul Pembelajaran Pendidikan merupakan usahah sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Penilitian ini bertujuan untuk penanaman nilia-nilai karakter dilakukan dengan menggunakan kehidupan manusia dalam berbagai bentuk. Munculnya kurikulum 2013 yang menekankan pengembangan sikap atau karakter membuat tugas seorang pendidik bukan hanya sebagai orang yang mentransferkan pengetahuan saja, teatapi berkewajiban membentuk karakter peserta didik, sehingga peserta didik yang dibina bukan hanya memiliki kompetensi intelektual tetapi juga cerdas karakternya. Diantaranya upaya pembentukan karakter peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mana penulis menjadikan bahan-bahan buku atau novel menjadi sumber dari penelitian ini. Penelitaian yang dilakukan penulis adalah terkait nilai –nilai karakter dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye Dari hasil analisis, kemudian penelitian ini akan dikembangkan sebagai bahan ajar pada kurikulum 2013 yang terdapat dalam kompetensi dasar 3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan non fiksi yang dibaca, hasil penelitian ini berupa arti atau makna dari penggalan novel berdasarkan nilai karakter serta produk berupa Buku Modul Bahasa Indonesia materi ajar teks novel yang layak melalui uji validasi oleh validator ahli materi dan ahli media teks novel diSMP/MTS/sederajat kelas VIII. Metode dalam iii penelitian yang digunakan adalah metode Analisis isi. Sumber atau menjadi subjek data primer berupa naskah novel Si Anak Kuat, sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku digunakan yaitu studi pustaka. Baca dan catat serta menngunakan instrument peneilitian dengan kartu data. Tahap awal penelitian ini yaitu analisis untuk menganalisis nilai karakter dalam novel. Setelah dianalisis selanjutnya, tahap desain yaitu rancangan produk pengembangan modul dengan menggunakan nilai-nilai karakter. tahap development yaitu mengembangkan produk berupa buku atau modul yang dikaitkan dengan hasil analisis. Pada tahap ini produk pengembangan modul divalidasi oleh validator oleh ahli materi dan validator ahli media untuk memperoleh kelayakan produk pengembangan yang telah dirancang. Tahap implmentasi yaitu produk pengembangan modul diuji cobakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tahap terakhir yaitu evaluasi, untuk mengevalusai produk pengembangan modul berdasarkan saran dan komentar dari validator ahli dan validator ahli media.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:22
Last Modified: 07 Jul 2023 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11072

Actions (login required)

View Item View Item