ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM CERAMAH USTAZ HANAN ATTAKI DI CHANNEL YOUTUBE DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH KELAS XI SMA

LABIBAH IFTITAHIYATI, (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM CERAMAH USTAZ HANAN ATTAKI DI CHANNEL YOUTUBE DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH KELAS XI SMA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110068_1_cover.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110068_2_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110068_6_bab5.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110068_7_dafpus.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Labibah Iftitahiyati. Analisis Tindak Tutur Iokusi dalam Ceramah Ustaz Hanan Attaki di Channel Youtube dan Pemanfaatannya Sebagai Modul Pembelajaran Teks Ceramah Kelas XI SMA. Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing satu Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. Pembimbing dua Itaristanti S.S., M.A. 2023. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki di Channel Youtube dan mendeskripsikan pemanfaatannya sebagai modul pembelajaran teks ceramah di SMA. Modul pembelajaran diharapkan mampu bermanfaat bagi siswa khususnya kelas XI SMA dalam memahami materi teks ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni metode deskriptif kualitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Sumber dan data dalam penelitian ini yakni ceramah Ustaz Hanan Attaki di Channel Youtube dan datanya berupa tuturan ceramah yang mengandung tindak tutur ilokusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar, teknik sadap yaitu menyadap tuturan ceramah Ustaz Hanan Attaki yang termasuk ke dalam tindak tutur ilokusi. Kemudian dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrument pengumpulan data menggunakan kartu data. kartu data berfungsi untuk mempermudah peneliti dalam mengelompokkan data yang diperoleh untuk kemudian dianalisis sesuai dengan jenis tindak tutur ilokusi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan yakni metode padan pragmatis. Penggunaan metode padan pragmatis karena objek penelitian berupa ceramah di mana alat penentunya terlepas dan tidak menjadi bagian dari linguistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki di Channel Youtube memperoleh 50 data yang terbagi dalam lima jenis tindak tutur ilokusi yakni (1) Aserif sebanyak 17 tuturan, (2) Direktif sebanyak 18 tuturan, (3) Ekspresif sebanyak 8 tuturan, (4) Komisif sebanyak 6 tuturan, dan (5) Deklarasi tidak ditemukan tuturan. Produk yang dihasilkan penelitian ini dikembangkan menjadi bahan ajar berupa modul yang dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas XI SMA sebagai sumber belajar dan membantu siswa dalam memahami materi teks ceramah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:17
Last Modified: 07 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item