MANAJEMEN SARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA DESA JAPURA LOR KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON

AHMAD SYARIFUDDI, (2022) MANAJEMEN SARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA DESA JAPURA LOR KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808109083_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109083_2_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109083_6_bab5.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109083_7_dafpus.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Ahmad Syarifuddin : 1808109083 Manajemen Sarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Japura Lor Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon Penerapan manajemen sarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda itu ditemukan faktor yang sangat mempengaruhi. Faktornya adalah sarana pendidikan, maka sarana merupakan bagian terpenting dalam sebuah Lembaga Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda melihat dari sarana yang ada masih belum maksimal, akan tetapi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda ada sektor lain yang menjadikan peningkatan mutu pembelajaran, seperti pembelajaran qiro’ati, tahfidz dan matematika.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen sarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Japura Lor Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dari Hasil penelitian ini adalah (1) Pengelolaan sarana di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda itu sudah dilakukan dengan baik, dari mulai proses planning, organizing, actuating dan controlling. Hal ini bisa dilihat di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda melakukan pengelolaan sarana dalam penggunaan pemanfaatan barangnya itu efektif dengan mengikut sertakan wali kelas dan pendidik (2) Ketersediaan dan pemeliharaan sarana sebagai penunjang mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda itu kurang baik, kerena dilihat dari ketersediaan masih belum dimiliki, seperti sarana olah raga, kemudian kurang baiknya dalam pemeliharaan itu siswa menggunakannya semena-mena, sehingga mudah rusak. Namun dari pengadaan sudah bagus dibandingkan dengan Madrasah Ibtidaiyah lainnya yang ada di kecamatan Pangenan. (3) Mutu pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda sudah sangat bagus dilihat dari proses pembelajaran, seperti pendidik dalam kegiatan belajar mengajar memberikan pemahaman sehingga siswa mudah untuk memahami mengenai materi yang disampaikan dengan berbagai metode, kemudian bisa diketahui dari passing grade dalam kelulusannya, banyaknya prestasi yang didapatkan dan juga dilihat dari grafik perkembangan prestasi dan pendidiknya rata-rata sudah memenuhi kualifikasi S1. Kata Kunci: Manajemen Sarana, Mutu Pembelajaran, Passing Grade Kelulusan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:01
Last Modified: 07 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item View Item