PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TAMAMI DESA KERATON KABUPATEN CIREBON

DARNIAH, (2022) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TAMAMI DESA KERATON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808109143_1_cover.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109143_2_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109143_6_bab5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109143_7_dafpus.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Darniah : Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Perkembangan motorik Anak di TK Tamami Desa Keraton Kabupaten Cirebon Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan proses kegiatan perencanaan, penginventarisasian, pengadaan, penyimpanan, penggunaan, pengawasan dan pertanggungjawaban dengan semua peralatan atau bahan pembelajaran yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah. Perkembangan fisik adalah sesuatu yang menjadi dasar bagi kemajuan perkembangan berikutnya. Perkembangan fisik anak ditandai juga dengan berkembangnya perkembangan motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar. Perkembangan motorik adalah proses seorang anak belajar untuk terampil menggerakkan anggota tubuhnya. Tujuan peneliti ini untuk menjelaskan (1) Pengelolaan sarana dan prasarana di TK Tamami, (2) Perkembangan motorik siswa di TK Tamami, (3) Faktor pendukung dalam Pengelolaan sarana dan prasarana peningkatan perkembangan motorik anak di TK Tamami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi; (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan saran dan prasarana di TK Tamami berjalan baik, (2) Perkembangan motorik siswa di TK Tamami yaitu perkembangan motorik kasar terdapat 75% anak yang berkembang baik, 20% anak yang cukup berkembang dan 1% anak yang kurang berkembang. Sedangkan dari hasil observasi perkembangan motorik halus pada anak terdapat 60% anak yang berkembang baik dan 40% anak yang cukup berkembang baik serta tidak ada anak yang kurang berkembang, serta (3) Faktor pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana dalam peningkatan perkembangan anak di TK Tamami ialah memaksimalkan sarana prasarana di sekolah, menjaga alat edukatif dan lainya. Kata Kunci: Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:04
Last Modified: 07 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item