MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-ASY’ARIYAH LOSARI CIREBON

AFWAH MUMTAZAH, (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-ASY’ARIYAH LOSARI CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808109078_1_cover.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109078_2_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109078_6_bab5.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109078_7_dafpus.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Afwah Mumtazah: Manajemen Pembelajaran Tahfidz dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al�Asy’ariyah Losari Cirebon. Manajemen pembelajaran merupakan salah satu aspek yang berpengaruh pada keberhasilan termasuk didalamnya adalah meningkatkan kualitas bacaan Al�Qur‟an. Keberhasilan pencapaian pembelajaran dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an akan membawa pengaruh positif bagi santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pembelajaran tahfidz serta kualitas bacaan Al�Qur‟an. Metode penelitian ini berjenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan pembelajaran tahfidz meliputi penetapan tujuan yaitu membantu santri dapat mencapai hafalan sesuai dengan target, menentukan materi dengan pembagian target hafalan pada masing-masing tingkatan bagi santri yang pendidikan formal maupun non formal, alokasi waktu pembelajaran yakni pagi dan sore, penetapan metode pembelajaran berupa metode bin-nadzhar (dengan melihat) , tahfidz (pengulangan hafalan), takrir (membaca berulang) dan tasmi‟ (memperdengarkan hafalan kepada orang lain), serta penentuan penilaian menyetorkan atau mengulang hafalan dengan membawa buku prestasi. Pada pelaksanaan pembelajaran tahfidz kegiatan awal dimulai dengan salam dan doa bersama, pada kegiatan inti kegiatan penyetoran hafalan sesuai target dan sesuai capaian hafalan pada masing-masing santri, pada kegiatan akhir dengan doa penutup majlis dan salam. Pada evaluasi pembelajaran berbentuk sistem tasmi‟ hafalan, dan tes lanjut ayat. Pada meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an yaitu mengajarkan makhraj sesuai dengan ilmu tajwid. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Tahfidz, Tajwid, Tahsin, Kualitas Bacaan Al-Qur’an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:26
Last Modified: 07 Jul 2023 06:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item